Pusat Data atau Cloud: Apakah Anda Benar-Benar Harus Memilih?

15 Juni 2022

Pusat Data atau Cloud: Apakah Anda Benar-Benar Harus Memilih?

Cloud & Data Center Cloud 

Perusahaan sering menganggap cloud dan pusat data lokal sebagai "salah satu/atau". Namun, apakah ini benar?


Pusat Data VS Cloud

Untuk memahami mengapa perusahaan berpikir seperti itu, kita perlu berbicara tentang perbedaan antara cloud dan pusat data.

Pusat Data

Pusat data adalah fasilitas fisik yang menampung server untuk menyimpan, memproses, dan mendistribusikan data perusahaan. Seluruh fasilitas biasanya mencakup perangkat keras itu sendiri, ruang di mana ia ditempatkan, sistem daya dan cadangan, dan apa pun yang diperlukan untuk menjaga server tersebut tetap berjalan. Meskipun kolokasi—ruang pusat data dan layanan yang disewa oleh penyedia—semakin populer akhir-akhir ini, sebagian besar pusat data didedikasikan dan di tempat. 

Ada tiga manfaat utama memiliki pusat data lokal. Pertama, Anda memiliki kendali penuh atas data dan peralatan Anda. Selanjutnya, Anda juga dapat mengontrol dengan tepat perangkat keras dan perangkat lunak apa yang Anda gunakan, membuat penyesuaian lebih mudah tanpa perlu meminta izin dari vendor. Terakhir, Anda dapat mengatur lingkungan yang akan memenuhi sistem lama Anda, memastikan fleksibilitas dalam hal bermigrasi ke sistem yang lebih baru.

Namun, ada kekurangannya juga. Pertama, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membangunnya, termasuk untuk membeli perangkat keras. Selanjutnya, Anda juga perlu mempekerjakan personel untuk mengonfigurasi, menyesuaikan, mengelola, memelihara, dan mengamankan semuanya. Akhirnya, ia menawarkan skalabilitas terbatas.

Awan

Mengapa orang sering membandingkan pusat data dengan cloud? Cloud computing adalah sistem yang juga menyimpan, memproses, dan mendistribusikan data tetapi dari jarak jauh. Dengan cloud, data Anda diproses dan aplikasi berjalan di luar lokasi; keduanya dapat diakses melalui internet.

Cloud memberi Anda sejumlah keuntungan, termasuk keterjangkauan tinggi, aksesibilitas, fleksibilitas, skalabilitas, kapasitas penyimpanan, dan keamanan data—manfaat yang tidak bisa Anda dapatkan dengan pusat data. Anda tidak memerlukan biaya di muka untuk membeli perangkat keras dan infrastruktur dan hanya perlu membayar untuk apa yang Anda gunakan. Ini mengarah pada poin tentang skalabilitas. Saat Anda membutuhkan ruang tambahan, itu sudah siap. Demikian juga, jika penyimpanan data Anda membutuhkan skala kembali, biaya penggunaan Anda akan berkurang. Selain itu, dalam hal keamanan, penyedia biasanya mempekerjakan anggota staf yang sangat terlatih dan berpengalaman untuk memastikan bahwa semuanya dikonfigurasi dengan benar, terus-menerus dirawat, dan diamankan secara memadai.

Meskipun demikian, cloud juga memiliki kekurangan. Memiliki kontrol minimum atas peralatan Anda dan membiarkan orang lain menangani data Anda bisa jadi tidak nyaman. Keamanan juga menjadi perhatian dengan solusi berbasis cloud. Meskipun penyedia cloud Anda menerapkan langkah-langkah keamanan data mereka sendiri, Anda tetap bertanggung jawab untuk melindunginya. Anda mungkin merasa bahwa jika Anda akan bertanggung jawab, maka lebih baik menjadi orang yang mengambil tanggung jawab penuh. 

Dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, setiap solusi memiliki target pasarnya masing-masing. Pusat data on-premise baik untuk perusahaan yang memiliki investasi modal besar di bidang TI atau perlu terlalu berhati-hati tentang privasi data. Di sisi lain, karena fleksibilitasnya, cloud cocok untuk sebagian besar perusahaan dari berbagai ukuran.


Solusi Hibrid: Pusat Data Cloud x

Perbedaan antara kedua solusi tersebut dapat membuat Anda berpikir Anda harus memilih satu dari yang lain.

Ini mungkin benar dalam banyak kasus. Namun, dengan neuCloud, Anda dapat membuat lingkungan yang menggunakan kombinasi pusat data lokal dan cloud, pribadi atau publik: solusi cloud x pusat data hybrid. Misalnya, Anda mungkin memiliki infrastruktur dan manajemen akses di tempat, aplikasi SDM yang berjalan di cloud pribadi, dan lingkungan cloud publik untuk digunakan tim DevOps Anda untuk lingkungan pengujian dan produksi mereka. 

Lingkungan ini menggabungkan aspek terbaik dari setiap solusi: skalabilitas dan kecepatan cloud, dengan keakraban dan kontrol pusat data lokal yang ada. Dengan demikian, pengaturan ini cocok untuk bisnis dengan infrastruktur IT yang ada, tetapi juga ingin memulai perjalanan cloud mereka.

Pikirkan opsi ini adalah yang Anda butuhkan? Biarkan neuCloud membantu Anda! Hubungi kami sekarang!


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

1 November 2021
3 Solusi NeuCloud

Solusi cloud adalah elemen klasik untuk bisnis yang ingin tetap kompetitif di abad ke-21, di mana IR 4.0 sedang berlangsung.

Read More...
14 Juni 2022
Peran neuCloud dalam Pertumbuhan UMKM di Indonesia
Cloud & Data CenterCloud

Banyak bisnis yang terkena dampak parah dari pandemi. Namun, seiring dengan berjalannya dunia secara bertahap menuju pemulihan, tampaknya tahun 2022 akan menjadi tahun yang jauh lebih baik bagi kita semua, khususnya UMKM.

Read More...

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...