BerandaArtikelSD-WAN: Definisi dan Keuntungan untuk Bisnis Anda
article-image

10 March 2021

SD-WAN: Definisi dan Keuntungan untuk Bisnis Anda

Di era teknologi, menggunakan beberapa perangkat lunak untuk membuat bisnis Anda berjalan secara efisien lebih umum. Beberapa perangkat lunak yang berbeda terhubung satu sama lain di wilayah geografis yang berbeda dari kantor cabang Anda.

Terkadang, perusahaan harus menganggarkan sejumlah besar biaya untuk membangun infrastruktur teknologi untuk bisnis mereka. Jaringan area luas yang ditentukan perangkat lunak (SD-WAN) dapat membantu Anda mengelola infrastruktur teknologi.

Apa itu SD-WAN dan Apa Perbedaannya dengan WAN Tradisional?

Seperti namanya, jaringan area luas yang didefinisikan perangkat lunak dapat menyederhanakan operasi jaringan jaringan area luas (WAN) melalui perangkat lunak.

Definisi SD-WAN adalah sistem yang memungkinkan untuk mengelola dan mengontrol pusat data dan cabang jarak jauh atau instans cloud.

Ini lebih maju daripada WAN, yang menggunakan Multiprotocol Label Switching (MPLS) sebagai metode konektivitas.

Metode MPLS dalam WAN tradisional dapat membuat Anda menetapkan preferensi berdasarkan jaminan SLA dan menentukan jadwal untuk pengiriman lalu lintas. Ini dapat memanfaatkan cadangan berbasis internet sebagai transportasi lain jika jalur utama tidak tersedia.

Memanfaatkan perangkat lunak di SD-WAN memungkinkan penyederhanaan integrasi data dari waktu ke waktu. Ini bisa lebih fleksibel daripada WAN tradisional, karena Anda dapat mengontrol dan mengelolanya melalui perangkat lunak.

Fleksibilitas SD-WAN adalah salah satu fitur utamanya. SD-WAN memungkinkan bisnis Anda untuk mengelola beberapa koneksi dari setiap MPLS ke broadband ke LTE. Selain itu, SD-WAN memiliki kemampuan untuk mengelompokkan, membagi dan mengamankan lalu lintas WAN.

Manfaat SD-WAN untuk Bisnis Anda

Corak data dan infrastruktur teknologi membutuhkan protokol yang rapi untuk membantu Anda mengelola dan mengendalikannya dengan mudah. Memanfaatkan WAN tradisional dapat membantu Anda mengelolanya, tetapi ketika bisnis Anda berkembang, Anda memerlukan teknologi yang lebih canggih untuk mengontrol sistem data, terutama jika Anda memiliki cabang bisnis di berbagai bidang.

Meskipun kami tahu perbedaan dan keuntungan dari SD-WAN, di sini bagaimana hal itu dapat memberikan manfaat bagi bisnis Anda:

1. Mengurangi Anggaran

SD-WAN benar-benar berbeda dari WAN tradisional yang membutuhkan setiap MPLS. SD-WAN memungkinkan menghilangkan sirkuit MPLS yang mahal. Dengan biaya yang lebih rendah, bisnis Anda bisa mendapatkan teknologi canggih, pilihan berkecepatan lebih tinggi untuk konektivitas seperti broadband, DSL, LTE.

2. Layanan Berbasis Cloud

Rute WAN tradisional mengembalikan lalu lintas data ke pusat data dengan persyaratan untuk memiliki penyaringan konstan di tempat. Arsitektur SD-WAN menggerakkan kita lebih dekat ke layanan keras daripada ke arah offloading internet lokal.

3. Mendukung Aplikasi Intensif Bandwidth Tinggi

WAN tradisional memiliki masalah bandwidth tinggi karena arsitekturnya. Meskipun WAN memiliki fungsi yang sama dengan SD-WAN untuk menyediakan sistem interkoneksi, memiliki struktur yang menyediakan bandwidth tinggi dapat lebih relevan untuk bisnis masa depan dengan kompleksitas yang lebih.

Di masa depan, prinsip tangkas bisa lebih penting bagi bisnis Anda. Bisnis tangkas membutuhkan teknologi tangkas dan SD-WAN membawa kelincahan dan kecepatan penyediaan wan.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article