Sejarah Konsol Game

24 Mei 2022

Sejarah Konsol Game

Software As A Service Wholesale Cloud Gaming 

Konsol game untuk genggam dan rumah ditemukan pada awal 1970-an. Selama seluruh dekade itu, produksi massal konsol game menjadi kenyataan. Karena kemajuan teknologi dalam dekade ini, puluhan konsol dirilis. 

Misalnya, pada tahun 1975, penemuan Intel menyebabkan terciptanya Gunfight. Ini adalah penembak tempur manusia-ke-manusia pertama yang dikembangkan. Karena itu, Gunfighter menjadi masalah besar, sehingga memukul arcade. Ini memungkinkan gamer untuk mengalami gaya gameplay baru dengan joystick tunggal untuk kontrol gerakan. 

Jadi, seiring waktu, konsol game telah banyak berubah. Artikel ini akan menjelaskan berbagai generasi desain konsol game antara tahun 1970 dan 2020. Juga, Anda akan tahu apakah masa depan game adalah akhir dari konsol. 

Desain konsol game dari tahun 1970-an - 2020 

Jika Anda berdebat tentang konsol game mana yang lebih baik dari yang lain, desainnya berbeda berdasarkan tahun produksi. Lihatlah berbagai desain yang dibuat di era yang berbeda. 

● 1972-1989

Kebanyakan orang berpikir bahwa game konsol dimulai pada tahun 80-an, tetapi semuanya dimulai pada tahun 60-an dengan konsol coklat kikuk bernama Brown Box. Kemudian, pada tahun 1972, Magnavox memperbarui konsol ini, sekarang dikenal sebagai Magnavox Odyssey, untuk tujuan komersial. 

Pada tahun 1987, Atari VCS 2600 diciptakan, dan menjadi lazim karena kemampuannya untuk menerima kartrid permainan. Pemain dapat menggunakan pengontrol dayung atau joystick untuk memilih game hit seperti Frogger, Pacman, dan Asteroids dengan game konsol ini.

Intellivision, yang dirilis pada tahun 1979, adalah pesaing langsung Atari 2600. Meskipun tidak melampaui popularitas Atari, ia menawarkan grafis kompetitif dan efek audio. Pesaing lain untuk Atari, serta Intellivision, adalah ColecoVision. Itu mulai bermain pada tahun 1982 dengan modul ekspansi bagi para gamer untuk memainkan game terkenal seperti game balap, Atari, dll. 

Pada tahun 1985, Nintendo Entertainment System (NES) dirilis ke pasar game Amerika Serikat. Itu adalah asal dari banyak waralaba game terkenal seperti Metroid dan Nintendo Zelda. Konsol lain yang mengikuti NES tetapi berhasil mendapatkan popularitas adalah Sega Genesis. Itu keluar pada tahun 1989. 

● 1990-1996

Nintendo memperkenalkan upgrade dari NES yang disebut 'Super Nintendo' pada tahun 1990. Konsol ini hadir dengan grafis 16-bit, jauh lebih baik daripada NES asli. Pada tahun 1993, Sega merilis Mega Drive II, sebuah update dari konsol aslinya. Itu sedikit lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan aslinya. Juga, mainboard-nya lebih murah. 

Pada tahun 1995, industri video game mengalami perubahan teknologi yang signifikan dengan dirilisnya Sony PlayStation. Dengan konsol ini, game diizinkan untuk memiliki grafis 3D. Nintendo 64 mulai bermain pada tahun 1996, menyediakan gamer dengan grafis yang lebih baik.

● 2000-2017

Antara tahun 2000 dan 2017, konsol yang bisa melakukan lebih dari tahun 90-an diperkenalkan. Pengembang meningkatkan konsol sebelumnya, dan yang baru dirilis. Misalnya, pada tahun 2000, Sony meningkatkan permainan mereka ke PlayStation 2 untuk menawarkan kemampuan mundur. Selain itu, mereka merilis PlayStation 3 pada tahun 2006, PlayStation 4 pada tahun 2013, dan PlayStation 4 Pro pada tahun 2016. Perusahaan Sony meningkatkan konsol mereka seiring berjalannya waktu karena persaingan dari Xbox. 

Microsoft pertama kali memperkenalkan Xbox pada tahun 2001 untuk memungkinkan gamer bersaing secara online. Pada tahun 2005, Microsoft memperkenalkan Xbox 360 untuk memberikan grafis yang lebih baik, kemampuan streaming pihak ketiga, dan pengontrol nirkabel. Bukan itu saja. Microsoft terus bersaing dengan Sony dengan merilis Xbox One pada tahun 2013, Xbox one S pada tahun 2016, dan Xbox One X pada tahun 2017. 

Karena perang konsol antara Xbox dan Sony, pada tahun 2006, Nintendo merilis Nintendo Wii, yang merupakan konsol ramah keluarga. Juga, pada tahun 2017 Perusahaan meningkatkan permainannya dengan konsol baru yang disebut 'Nintendo Switch.' Yang satu ini berfungsi sebagai konsol berbasis TV dan berbasis genggam. 

● 2020

Empat tahun kemudian, Sony merilis PlayStation 5 pada November 2020. Itu adalah konsol video game generasi ke-9. Selain itu, ia hadir dengan fitur unik seperti mikrofon built-in, pengontrol nirkabel, pemicu adaptif, dan kemampuan bermain game yang lebih halus. 

Masa depan game (tanpa konsol)

Meskipun cloud gaming belum lepas landas, itu akan pada waktunya. Menurut penelitian, ini akan menjadi masa depan game konsol karena beberapa alasan. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa gamer tidak memerlukan konsol di masa depan:

Cloud gaming menawarkan akses instan selama ada konektivitas internet

● Hemat biaya untuk menggunakan cloud gaming dibandingkan dengan konsol

● Dengan cloud gaming, pemain dapat menggunakan perangkat keras lama sekalipun

● Cloud gaming hadir dengan perpustakaan yang fleksibel

Semakin banyak perusahaan sekarang berinvestasi dalam cloud gaming

Selama beberapa dekade terakhir, telah terjadi kemajuan teknologi yang signifikan dalam pengembangan konsol game. Namun, cloud gaming, yang merupakan masa depan, bahkan lebih menjanjikan. Muncul dengan beberapa manfaat, termasuk efektivitas biaya dan kenyamanan. 


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Software As A Service Article!

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...