Sejarah SMS sebagai Metode Komunikasi

30 Desember 2021

Sejarah SMS sebagai Metode Komunikasi

SMS dapat dilihat sebagai peninggalan era lampau bagi banyak orang yang telah terbiasa dengan platform pesan instan over-the-top (OTT) seperti WhatsApp, Signal dan Telegram untuk pekerjaan dan komunikasi pribadi mereka. Namun, baru-baru ini, merek dan pemerintah telah meningkatkan penggunaan pesan teks SMS untuk menerapkan pemasaran digital dan aktivitas informasi publik mereka. Anda mungkin telah memperhatikan hal ini di smartphone Anda dalam beberapa tahun terakhir.


Akan menarik untuk meninjau kembali sejarah SMS sebagai media komunikasi tertulis orang, mengingat bagaimana SMS tampaknya menurun dalam komunikasi pribadi dan muncul kembali dalam penggunaan untuk tujuan bisnis dan informasi publik.


Asal-usul Layanan Pesan Singkat

Meskipun generasi milenial, lahir antara tahun 1981 dan 1995, mungkin ingat akhir 1990-an dan awal 2000-an sebagai munculnya SMS dengan ketersediaan pasar massal, ponsel berukuran kompak, platform ini sebenarnya telah lahir sebelum itu.


SMS telah tanggal kembali ke tahun 1984, dari penemuan dua insinyur Jerman: Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghilebaert. Panggilan telepon, telegram atau pos udara adalah satu-satunya dua media komunikasi, masing-masing lambat dan cepat. Dengan demikian, para insinyur mencoba menciptakan sistem yang akan memungkinkan transmisi pesan tertulis melalui jaringan telepon yang ada dengan menggunakan kapasitas ponsel yang tidak terpakai berdasarkan standar Global System for Mobile Communications (GSM). Akhirnya, delapan tahun setelah itu pada tahun 1992, SMS pertama dikirim menggunakan komputer pribadi, menggunakan handset Orbitel 201 melalui jaringan VODAFONE GSM.


Perkembangan dan adopsi teknologi SMS cukup lambat. Pada tahun 1995, jumlah rata-rata pesan yang dikirim per pelanggan per bulan hanya 0,4 di Inggris (Inggris). Adopsi yang rendah disebabkan oleh operator, seperti fakta bahwa orang hanya dapat mengirim SMS ke pengguna jaringan operator yang sama. Baru pada tahun 1999 orang dapat mengirim SMS ke nomor telepon menggunakan operator yang berbeda. Pada hari-hari awal, SMS juga digunakan untuk memiliki beberapa masalah penagihan dan pembatasan yang, setelah dilonggarkan, meningkatkan kegunaan pesan teks SMS dan peningkatan adopsi.


Pada akhir tahun 2000, pengguna Inggris mengirim rata-rata 35 pesan teks per bulan. Pada tahun 2010, dilaporkan bahwa 6,1 triliun pesan dikirim secara global. Adopsi yang cepat juga berkat kemudahan orang dapat mengetikkan ponsel mereka, dari metode multi-tap pertama yang paling umum, di mana Anda harus mengetuk keypad beberapa kali, katakanlah mengetuk tombol "3" tiga kali untuk menghasilkan huruf "f", yang tidak terlalu efisien, hingga model QWERTY terbaru, yang membuatnya lebih mudah untuk mengetik dengan lebih banyak orang terbiasa mengetik di keyboard komputer.


Tren Terkini di Era Teknologi OTT

Bahkan dengan maraknya teknologi pesan OTT seperti Facebook Messenger, WhatsApp dan lain-lain, penggunaan SMS tidak menurun. Tujuannya hanya bergeser dari platform komunikasi pribadi ke platform yang lebih berorientasi bisnis, baik pribadi maupun publik, seperti yang telah disebutkan di awal cerita.


Pada tahun 2014, dilaporkan bahwa bisnis pesan SMS global bernilai lebih dari US $ 100 miliar, terhitung sekitar 50 persen dari semua pendapatan yang dihasilkan oleh pesan seluler, dan secara mengejutkan SMS memiliki tingkat terbuka sekitar 98 persen. Hal ini tidak mengganggu seperti panggilan dingin namun dapat lebih cepat dibuka daripada email.



Inilah sebabnya, terutama selama pandemi COVID-19, bisnis dan pemerintah menjangkau pelanggan dan konstituen mereka, masing-masing, untuk pemasaran digital dan kegiatan informasi publik di bagian mereka melalui SMS. Selain digunakan untuk menyebarkan pesan, pesan teks SMS juga digunakan oleh berbagai e-commerce, bank digital dan akun media sosial untuk meningkatkan keamanan digital pengguna mereka dengan mengirim kata sandi satu kali (OTP) dan token.


Tidak mengherankan bahwa banyak bisnis dan pemerintah telah mengadopsi platform SMS untuk melakukan strategi komunikasi secara massal saat ini.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

5 April 2021
Berbagai tujuan platform OTT dan SMS

Anda mungkin sudah tahu ini. Platform layanan pesan singkat (SMS) mengharuskan pengguna membayar biaya tambahan untuk mengirimkan informasi teks bentuk pendek di atasnya.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...