Semua tentang Keamanan IoT: Tantangan dan Solusi untuk Bisnis Anda

24 November 2022

Semua tentang Keamanan IoT: Tantangan dan Solusi untuk Bisnis Anda

Saat ini, Internet of Things (IoT) menjadi sektor luas yang menarik banyak bisnis. Tetapi memiliki berbagai masalah keamanan yang menimbulkan risiko bagi investor. Lebih baik lagi, perusahaan Anda bisa mendapatkan lebih banyak dari IoT jika lebih berfokus pada cara mengatasi ancaman keamanan ini. 

Jadi, posting ini akan mengajarkan Anda tantangan dan ancaman keamanan IoT. Selain itu, Anda akan belajar tentang solusi keamanan IoT.


Tantangan Keamanan IoT

Seperti bentuk teknologi lainnya, IoT menghadapi masalah seiring pertumbuhannya. Di bawah ini adalah beberapa masalah keamanan yang datang dengan menggunakan berbagai aspek IoT.

1. Kurangnya Pembaruan Perangkat Lunak

Perangkat IoT apa pun tanpa pembaruan rentan terhadap malware, bahkan dengan kapasitas komputasi yang kecil. Ini adalah titik masuk yang sempurna bagi penjahat yang ingin menghapus situs web dan layanan perusahaan melalui perangkat IoT.

2. Antarmuka yang Tidak Aman

Perangkat IoT Anda harus memiliki perangkat lunak untuk merekam, memproses, dan menyimpan data. Tetapi jika perangkat IoT Anda memiliki langkah-langkah autentikasi dan otorisasi yang tidak tepat, itu menjadi rentan terhadap peretas.

3. Kurangnya Perlindungan Data yang Tepat

Perusahaan yang telah banyak berfokus pada IoT menghadapi masalah kehilangan data mereka. Itu karena alat apa pun dengan akses internet memiliki peluang tinggi untuk terkena pencurian online. Terkadang, Anda dapat kehilangan detail penting pelanggan Anda karena peretas menargetkan perangkat IoT mereka.

4. Peningkatan Serangan Cyber

Saat ini, peningkatan ketidakamanan dunia maya adalah salah satu masalah paling signifikan yang memengaruhi IoT. Penjahat online menggunakan perangkat IoT untuk penolakan layanan terdistribusi (DDoS). Selain itu, mereka menggunakan perangkat IoT untuk memasukkan gerakan lateral dalam sistem perusahaan.


Masalah, Ancaman, dan Pertahanan Keamanan IoT

Selain tantangan keamanan yang dihadapi pemilik bisnis saat menggunakan IoT, beberapa ancaman juga datang dengan teknologi ini. Berharap juga untuk melihat mekanisme pertahanan untuk digunakan pada setiap masalah.

1. Kurangnya Perlindungan Privasi

Setelah semua orang dapat mengakses data di perangkat IoT, itu merupakan ancaman bagi keamanannya. Jadi, pertimbangkan perlindungan berlapis-lapis dan enkripsi titik akhir. Ini akan memberikan akses terbatas dan mengurangi risiko kehilangan data.

2. Keamanan Perangkat Lunak Lebih Sedikit

Setiap perangkat IoT menghadapi ancaman besar dari fungsi malware-nya. Peretas dapat mengakses data Anda melalui bug jika perangkat lunak perangkat sudah usang. Pastikan Anda mengamankan jaringan IoT sehingga tidak dapat menjadi risiko bagi sektor bisnis Anda lainnya.

Gunakan solusi cloud yang tepat untuk melindungi mesin IoT. Selain itu, setiap perangkat lunak pada IoT harus memiliki versi terbaru.

3. Penggunaan Password yang Lemah

Anda dapat menikmati manfaat IoT, tetapi perangkat Anda tidak akan aman dengan kode sandi yang lemah. Kata sandi yang mudah ditebak dan berkode keras adalah bahaya bagi keamanan IoT Anda.

Ingat, begitu peretas melanggar perangkat IoT bisnis Anda, itu mengarah ke akses tidak sah ke data. Gunakan kata sandi yang kuat untuk setiap akun yang mengakses perangkat IoT. Ini akan mengurangi kemungkinan serangan siber.

4. Administrasi yang Buruk

Mereka berada pada risiko yang signifikan jika Anda memiliki berbagai item IoT tanpa seseorang untuk memantaunya. Jadi, pastikan Anda memiliki seseorang untuk mengelola perangkat untuk mengurangi paparan keamanan. Pertimbangkan aspek ini, terutama untuk perangkat IoT yang Anda gunakan di rumah.


Solusi Keamanan IoT dengan Produk IoT Telkom (Antares dan LoRa)

Anda akan menyukai produk Telkom IoT kami, yang mencakup Antares dan LoRa. Produk ini terjangkau dan akan mengamankan layanan untuk bisnis Anda. Itu terjadi melalui penyediaan layanan end-to-end untuk meningkatkan pengalaman digital Anda.

Banyak ancaman datang dengan penggunaan perangkat IoT. IoT menjadi lebih baik setiap hari seiring dengan pertumbuhan teknologi. Tetapi jika Anda memilikinya dalam bisnis Anda, investasikan lebih banyak dalam mengamankan perangkat IoT. Anda dapat menggunakan kata sandi dan pembaruan perangkat lunak yang kuat untuk mengamankan perangkat. Jelajahi lebih lanjut di halaman kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk Telkom IoT kami.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...