Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Keamanan Cyber

29 Desember 2021

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Keamanan Cyber

Ekosistem digital dapat membantu semua orang untuk membuat tugas mereka lebih efisien dan efektif. Anda dapat menyimpan data pribadi atau data organisasi Anda di cloud tanpa memiliki ruang fisik.

Namun, ketika kita terbiasa menggunakan internet dan menyimpan segala sesuatu di cloud, kita berpikir bahwa kita memiliki tempat yang aman untuk menyelamatkan segalanya.

Pencurian dan korupsi data dalam ekosistem digital dapat terjadi, terutama bagi semua orang yang tidak memiliki kesadaran tentang keamanan data.

Definisi Keamanan Siber dan Keamanan Data

Karena menggunakan data dalam ekosistem cyber atau digital, kami memiliki persepsi yang sama tentang keamanan siber dan keamanan data. Mereka memiliki definisi yang berbeda. Keamanan data adalah tentang perlindungan data dari modifikasi yang tidak sah, akses yang tidak sah dan korupsi data.

Apa itu cybersecurity? Cybersecurity adalah tentang melindungi data dan seluruh sistem dari modifikasi dan korupsi sistem yang tidak sah.

Melindungi data dapat menyelamatkan kita dari penyalahgunaan dan transaksi data kepada pihak ketiga. Ini bisa menjadi phishing, scamming, spamming, atau kerugian finansial untuk beberapa kasus.

Melindungi sistem dapat menghindari bisnis Anda dari peretas yang dapat mempengaruhi reputasi bisnis Anda dan aliran bisnis Anda.

Memperbaiki sistem membutuhkan waktu dan membuat Anda kehilangan peluang yang mungkin timbul dalam jangka waktu itu.

Mengetahui kemungkinan ini harus membuat Anda lebih sadar untuk menyimpan data Anda, meningkatkan data dan perlindungan sistem. Mempekerjakan profesional TI yang kompeten yang memiliki keahlian dalam sistem keamanan dapat membantu Anda melindungi sistem digital Anda.

Di sini, beberapa tips cybersecurity untuk Anda dan bisnis Anda:

1. Perbarui Perangkat Lunak Anda

Buat pembaruan perangkat lunak Anda secara otomatis atau hanya berpatroli semua orang di dalam organisasi Anda untuk terus memperbarui perangkat lunak mereka.

Perangkat lunak yang diperbarui biasanya meningkatkan sistem keamanan mereka. Semakin aman perangkat lunak Anda, semakin aman sistem dan data Anda.

2. Aktifkan Antivirus dan Firewall Anda

Terkadang data dapat dibatasi karena malware. Menggunakan perangkat lunak antivirus dapat meningkatkan keamanan Anda.

3. Aman dengan Kata Sandi Yang Kuat Dan Autentikasi Multi-faktor

Personalisasi kata sandi Anda menggabungkan angka dan simbol. Jangan lupa untuk mengaktifkan keamanan multi-layer untuk memverifikasi bahwa hanya Anda yang dapat mengakses data atau sistem Anda.

4. Pelajari Tentang Cybersecurity dan Jangan Bagikan Data Rahasia Anda

Data rahasia berarti informasi pribadi Anda atau informasi bisnis Anda. Jangan berbagi informasi pribadi seperti kata sandi, PIN, CSV, nomor kartu kredit kepada publik atau orang yang tidak dikenal.

5. Jangan Buka Email atau Tautan Mencurigakan

Terkadang kita mendapatkan email dari orang yang tidak dikenal. Jika Anda tidak tahu siapa yang mengirimi Anda email, jangan buka email itu atau klik tautan yang dilampirkan dalam email itu. Ini bisa menjadi sistem untuk merusak data Anda dan memasuki sistem Anda.

6. Hindari Wi-Fi Publik

Wi-Fi publik adalah area rawan yang memiliki kemungkinan besar untuk mencuri data Anda. Tolong waspadai hal ini. Gunakan data seluler pribadi Anda bila memungkinkan.

7. Tinjau Akun Online Anda dan Periksa Laporan Kredit Anda

Terkadang kita membuat akun untuk banyak platform. Jika Anda tidak menggunakan platform, akan lebih baik jika Anda menonaktifkan akun Anda. Jangan lupa untuk memeriksa laporan kredit Anda.

Ketika data kartu kredit Anda dicuri oleh seseorang, mereka dapat menggunakannya untuk membayar sesuatu. Jika itu terjadi pada Anda, hubungi perusahaan kartu kredit Anda segera dan blokir kartu kredit Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...