Tak perlu dikatakan, SMS A2P telah menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Karena penggunaannya yang luas dan efektif, SMS A2P sekarang umumnya dipromosikan oleh institusi. Statista mencatat bahwa tahun ini (2021), diperkirakan bahwa pasar global A2P SMS akan menghasilkan hampir USD 46 miliar laba. Penelitian Juniper memprediksi bahwa jumlahnya akan tumbuh menjadi USD 63 miliar pada tahun 2023. Mengingat angka-angka ini, tidak mengherankan bahwa SMS A2P dianggap sebagai produk yang sangat dapat dipasarkan dan menguntungkan. Untuk mendukung temuan ini, mari kita lihat kasus PT Citraweb Multisolusi, sebuah perusahaan Indonesia yang berhasil meningkatkan pendapatannya dengan bekerja sama dengan Telkom DWS untuk memasarkan SMS A2P mereka.
How it started
Perusahaan memiliki awal yang sederhana, karena mereka mulai dengan menciptakan Gudeg.Net, portal untuk semua hal tentang Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu, mereka berubah menjadi perusahaan pengembangan perangkat lunak, sebelum memperluas ke domain &hosting sebagai Citraweb. Seiring berkembangnya bisnis, perusahaan mereka menyediakan layanan ISP sebagai Citranet. Untuk melengkapi ini, mereka juga telah menjadi distributor untuk Mikrotik, memastikan distribusi perangkat keras nirkabel. Melihat profil mereka, SMS A2P sama sekali tidak ada dalam kamus mereka.
Tantangan
Siapa pun tahu bahwa pelayaran yang mulus hampir tidak pernah terjadi dalam mengembangkan bisnis. Di antara tantangan yang mereka hadapi, satu hambatan menonjol: kesulitan dalam memberi tahu konsumen tentang tagihan dan iuran mereka. Cara konvensional seperti email dan layanan kurir tidak cepat, efisien, tepat, atau cukup hemat biaya. Dengan kata lain, mereka membutuhkan sarana komunikasi yang lebih baik - yang dengan cepat menjangkau konsumen mereka tanpa membuang terlalu banyak waktu atau biaya. Akibatnya, mereka mempertimbangkan untuk beralih ke SMS, dengan tarif terbuka melebihi 95%.
Tetapi ini juga berarti bahwa mereka harus memilih penyedia yang dapat diandalkan, karena sistem perangkat komunikatif baru harus dipertahankan oleh para profesional. Seperti yang dilakukan semua manajer bisnis, mereka juga mempertimbangkan manajemen layanan SMS A2P yang memfasilitasi komunikasi yang mudah dengan harga yang terjangkau. Namun, bagi perusahaan, kemudahan dan efektivitas adalah dua faktor yang paling mereka pertimbangkan, karena mereka mencari cara berkomunikasi yang efisien dengan konsumen mereka. Pada saat itulah mereka melihat peluang dalam bekerja sama dengan Telkom DWS.
Bekerja sama dengan DWS
Perusahaan pertama kali mendengar DWS dari salah satu mitra mereka, yang telah bekerja dengan Telkom DWS dalam menggabungkan produk lain. Setelah berkomunikasi dengan tim Telkom DWS, mereka dengan cepat memasukkan teknologi A2P SMS untuk keperluan internal mereka. Akibatnya, mereka dapat berkomunikasi dengan pelanggan mereka lebih cepat, dan dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi. Karena A2P SMS membantu perusahaan untuk mengatasi hambatan komunikasi yang awalnya mereka miliki dengan pelanggan mereka, mereka tetap menjadi mitra yang baik dengan Telkom DWS sejak saat itu.
Menyadari potensi SMS A2P, perusahaan mulai menawarkan layanan SMS Masking. Sederhananya, layanan ini memungkinkan lembaga untuk berkomunikasi dengan pengguna akhir dengan nama institusi mereka ditulis sebagai pengirim. Layanan masking SMS memungkinkan pengirim untuk membangun identitas dan kredibilitas mereka, dan ini terbukti sangat berguna bagi klien mereka, yang sebagian besar adalah lembaga publik. Atas kegunaannya, layanan A2P SMS Masking ini akhirnya membantu PT Citraweb Multisolusi mendapatkan keuntungan lebih.
Kisah kesuksesan PT Citraweb Multisolusi hanyalah salah satu contoh bagaimana bisnis Anda dapat berkembang lebih lanjut dengan menggabungkan layanan SMS A2P. Sebagai alat yang berguna, efektif, dan tangguh, permintaan untuk SMS A2P terus meningkat, karena teknologi dapat digunakan oleh banyak lembaga. Institusi Anda dapat mengambil kesempatan ini tidak hanya untuk penggunaan internal, tetapi juga mengembangkan lebih banyak pendapatan. Untuk tujuan ini, Telkom DWS adalah penyedia terpercaya yang dapat menjadi mitra anda yang dapat diandalkan untuk menggabungkan SMS A2P.
Apakah informasi ini membantu?
Era di mana kita menggunakan SMS sebagai media komunikasi utama kita telah lama berlalu, tetapi kebutuhan kita akan SMS tetap ada. Alih-alih mati, SMS telah berkembang menjadi media untuk komunikasi A2P yang membantu bisnis terhubung dengan pelanggan.
Read More...
Era digital telah mengubah setiap sudut kehidupan kita, salah satunya adalah bagaimana kita mengelola dan mengakses layanan kesehatan. Secara keseluruhan, perawatan kesehatan kami telah berkembang begitu banyak sejak menjadi digital.
Read More...
Menerapkan bisnis yang gesit, perusahaan saat ini mencari alat kampanye pemasaran yang dapat dengan cepat menjangkau pelanggan potensial mereka tanpa menghabiskan terlalu banyak.
Read More...
Di tengah pandemi COVID-19, bisnis menghadapi kejatuhan ekonomi dengan memanfaatkan cara baru untuk menjangkau pelanggan mereka yang tinggal di rumah dengan cara yang lebih tepat dan efektif.
Read More...
TALK TO US