Solusi Komunikasi Terintegrasi untuk Bisnis Anda selama Covid-19

31 August 2021

Solusi Komunikasi Terintegrasi untuk Bisnis Anda selama Covid-19

Loading...

Penggunaan SMS untuk menjangkau pelanggan sudah ada sejak lama. Bahkan, begitu SMS mendapatkan popularitas pada awal 2000-an, perusahaan mulai menggunakan SMS untuk mengirim pesan ke pelanggan mereka. Seiring bertambahnya jumlah orang yang memiliki smartphone, peran SMS tetap penting sebagai media pesan A2P (Application-to-Person). Contoh yang lebih spesifik adalah tahun 2010-an, ketika ada lonjakan pesan A2P yang sejalan dengan ketersediaan perangkat di seluruh dunia.


Ketika pandemi melanda pada tahun 2020, pertumbuhan pesan A2P tidak berhenti. Bahkan, tampaknya pandemi telah menjadi katalisator bagi pertumbuhan pesan A2P. Laporan terbaru yang diterbitkan di Yahoo Finance dan GlobalNewswire menjelaskan bahwa pasar SMS A2P akan menghasilkan miliaran dolar selama 5 tahun mendatang. Ini berarti bahwa bisnis yang diandalkan akan terus mengandalkan pesan A2P, terutama selama masa sulit ini. Mengapa SMS A2P penting untuk bisnis yang terkena Covid-19?


A2P SMS secara efektif menjangkau sejumlah besar orang

Ini telah berlaku selama beberapa dekade terakhir, dan ini lebih penting selama pandemi Covid-19. SMS A2P memiliki area cakupan yang luas, dan bahkan dapat menjangkau orang-orang dengan infrastruktur internet yang rendah. Selama pandemi, ketika mobilitas terbatas, manajer bisnis harus menemukan cara yang lebih efektif untuk menjangkau pelanggan yang mungkin tinggal jauh dari kota-kota besar. Selain itu, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa SMS dibaca 98% dari waktu, sehingga Anda dapat yakin bahwa pelanggan Anda benar-benar mendapatkan pesan Anda.


SMS A2P membuat keterlibatan pelanggan tetap hidup

SMS A2P tidak hanya menjangkau banyak orang, tetapi juga mempertahankan hubungan antara bisnis Anda dan pelanggan Anda, tanpa sangat bergantung pada algoritma media sosial. Selama pandemi, pelanggan Anda dapat mencari alternatif, dan inilah mengapa bisnis harus memantau keterlibatan pelanggan mereka. SMS A2P dapat menjadi solusi untuk menjaga keterlibatan pelanggan selama pandemi. SMS A2P memungkinkan Anda untuk dengan mudah memberi tahu pelanggan Anda bahwa Anda masih beroperasi, apakah ada perubahan jam operasional, atau jika Anda memiliki produk baru.


A2P SMS membantu pelanggan Anda mengurangi penipuan

Masalah keamanan adalah turn-off utama bagi pelanggan Anda. Sayangnya, jumlah kasus kejahatan siber dan smishing (phishing berbasis SMS) meningkat signifikan selama pandemi Covid-19. SMS A2P dapat menawarkan solusi bagi bisnis Anda untuk mengatasi risiko ini. Alat terkait A2P seperti otentikasi dua faktor melalui OTP dapat menambahkan lapisan keamanan lain. Ini sangat penting bagi perusahaan besar dan lembaga pemerintah, yang perlu mempertahankan kredibilitas selama pandemi.


SMS A2P dapat membantu bisnis untuk bertahan hidup lebih baik selama pandemi. Seperti disebutkan di atas, bisnis Anda dapat mengirimkan pesan ke banyak pelanggan yang ada dan potensial dengan SMS A2P. Pelanggan yang sudah ada juga dapat tetap up-to-date dengan perkembangan dan penemuan terbaru yang dibuat bisnis Anda. Last but not least, A2P SMS dapat membantu menjaga kredibilitas bisnis Anda dan mengamankan kepercayaan pelanggan Anda dengan otentikasi dua faktor yang dapat mengurangi risiko penipuan, yang meningkat secara eksponensial selama pandemi.


Bisnis dan organisasi hanya dapat merasakan manfaat maksimal dari SMS A2P melalui kolaborasi dengan penyedia A2P yang andal. Penyedia layanan SMS A2P yang dapat dipercaya dapat menjamin bahwa komunikasi A2P Anda dapat dipantau dengan mudah, disampaikan secara efektif, dan dikirimkan dengan aman. Apakah bisnis Anda telah menggunakan SMS A2P untuk sementara waktu atau ingin mulai menggunakan SMS A2P segera, pastikan bahwa penyedia A2P yang bekerja dengan Anda dapat memberikan pengalaman yang paling dapat diandalkan, dapat dipercaya, dan efektif untuk tujuan komunikasi bisnis Anda.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top