Teknologi Pendinginan untuk Efisiensi dan Kinerja Data Center yang Lebih Baik

30 Desember 2021

Teknologi Pendinginan untuk Efisiensi dan Kinerja Data Center yang Lebih Baik

Dari banyak tugas yang kompleks secara teknologi dalam manajemen lingkungan pusat data, penghapusan panas atau manajemen suhu adalah salah satu yang paling tidak dipahami namun salah satu yang paling penting. Sistem pendingin pusat data yang andal adalah aspek utama yang memastikan penyebaran anggaran yang efektif dan konsumsi energi yang efisien. Namun, meskipun sangat penting, manajemen sistem pendingin pusat data rumit dan menuntut.

Dengan meningkatnya jumlah data yang dikumpulkan dan disimpan di server, suhu di dalam pusat data juga meningkat. Ketika suhu dan kelembaban naik ke tingkat yang berlebihan, ada risiko overheat dan malfungsi yang juga dapat menyebabkan banyak penggantian komponen dalam jangka panjang – sesuatu yang ingin dihindari perusahaan Anda dengan segala cara. Menghindari kondisi ini membutuhkan sistem manajemen suhu yang dirancang dengan baik dan tahan lama, dan infrastruktur sistem semacam ini membutuhkan anggaran tinggi dan banyak sumber daya untuk dibangun dan banyak daya untuk beroperasi.

Inilah sebabnya, untuk bebas dari kerumitan dan mampu memfokuskan sumber daya mereka pada hal-hal penting lainnya, perusahaan memilih layanan colocation daripada pusat data di tempat. Penyedia colocation pusat data memiliki kemampuan tidak hanya untuk membangun sistem pendingin modern, tetapi juga hemat energi dan hemat biaya.


Desain Lorong Panas/Lorong Dingin

Dalam infrastruktur sistem pendingin, rak server diatur menjadi deretan lorong panas bergantian yang terdiri dari knalpot udara panas di bagian belakang rak dan lorong dingin yang terdiri dari intake udara dingin di bagian depan rak. Lorong panas mengeluarkan udara panas ke dalam intake AC di mana ia didinginkan dan kemudian melampiaskan ke lorong-lorong dingin untuk disirkulasikan kembali. Tujuan dari konfigurasi ini adalah untuk menghemat energi dan menurunkan biaya pendinginan dengan mengelola aliran udara.

Prosedur Penahanan
Untuk mendukung konfigurasi lorong panas / lorong dingin, prosedur penahanan lebih lanjut diimplementasikan melalui pemasangan dinding dan pintu. Dinding dan pintu ini mengarahkan aliran udara, menjaga udara panas di lorong panas dan udara dingin di lorong dingin. Prosedur penahanan yang efisien memungkinkan pusat data untuk berkinerja baik dalam menjalankan kepadatan rak yang lebih tinggi sambil mengurangi konsumsi energi.

Inspeksi dan Pencegahan Kebocoran
Kebocoran udara dan air di pusat data dapat terjadi karena lantai yang ditinggikan, bukaan kabel, dan lubang di panel, kolom pendukung, dan perimeter. Setiap kebocoran dapat menyebabkan banyak masalah, mulai dari debu, kelembaban, dan inefisiensi hingga kehilangan data dan downtime. Oleh karena itu, pra-perencanaan dan deteksi awal menggunakan berbagai metode diperlukan untuk antisipasi dan pencegahan.

Sinkronisasi Titik Kontrol Kelembaban
Kontrol kelembaban adalah ukuran meningkatkan atau mengurangi kelembaban menggunakan AC dan unit kontrol iklim karena udara di pusat data tidak bisa terlalu lembab atau terlalu kering. Karena kedua tugas ini bertentangan, sistem harus dibentuk untuk menyinkronkan pekerjaan unit dan mencegah inefisiensi dan konsumsi energi yang tinggi.


Sebagai penyedia kolokasi pusat data yang andal, NeuCentrIX menyediakan kebersihan rak yang tepat melalui pengaturan rak dan ruang server yang dirancang dengan baik, sistem pendinginan dan penahanan yang efisien, dan pemantauan operasi berkelanjutan. Dengan benar-benar menerapkan fasilitas tersebut, NeuCentrIX memastikan kinerja terbaik dari penghapusan panas sambil tetap mengendalikan konsumsi dan biaya energi, memberikan perusahaan Anda kemudahan dan manfaat menggunakan layanan colocation data center.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...