BerandaArtikelPeran API dalam Manajemen Big Data
article-image

16 January 2023

Peran API dalam Manajemen Big Data

Generasi big data terus meningkat, dan API membuat pekerjaan analis data menjadi lebih mudah. Perusahaan yang memiliki big data biasanya memiliki API dalam sistem mereka.

Teknologi ini membantu dalam penangkapan fakta-fakta penting yang akan membantu bisnis Anda berkembang. Untuk hasil yang lebih baik, organisasi Anda memerlukan rencana manajemen API yang komprehensif. Investasi lebih dalam manajemen big data selalu memungkinkan perusahaan Anda mendapatkan keuntungan.


Apa yang Dimiliki Big Data Saat Ini


Setiap investor memahami bahwa investasi dalam big data memiliki pengembalian investasi (ROI) yang besar. Ingatlah, studi menunjukkan bahwa pada tahun 2024, dunia akan memiliki lebih dari 124 zettabyte data. Itu berarti pada tahun 2024, akan dibutuhkan 149 triliun hard drive untuk menyimpan informasi tersebut.


Perusahaan besar menghabiskan banyak uang untuk mengumpulkan, menyimpan, mengamankan, dan menganalisis big data mereka. Akibatnya, mereka terus meningkatkan retensi pelanggan dan meningkatkan kampanye pemasaran. Melalui analisis data, para pemangku kepentingan dapat mengidentifikasi pelanggan target mereka dan mengubah mereka menjadi pembeli.


Organisasi mempercayai big data untuk mengevaluasi portofolio investasi, memprediksi cuaca, dan menemukan ketidaknormalan data untuk menangani penghindaran pajak. Selain itu, ini menunjukkan bahwa big data memiliki kekuatan untuk menentukan budaya kemanusiaan di masa depan.


Bagaimana API Mempengaruhi Manajemen Big Data


Berikut adalah cara-cara bagaimana API memengaruhi manajemen data besar saat ini. Anda akan mengetahui betapa hebatnya berinvestasi dalam API terbuka.


1. Menyediakan Akses Data yang Mudah

API memiliki aplikasi data yang stabil dan aman untuk membantu organisasi Anda menyimpan dan mengakses data. Aplikasi tersebut memiliki API antara mereka dan tempat penyimpanan. Akibatnya, data dapat diambil, diproses, dianalisis, dan digunakan kapan saja.


2. Pengembangan Produk dan Layanan yang Lebih Banyak

Saat ini, API telah mengembangkan lebih banyak produk yang membantu dalam analisis data yang tepat. Ini terjadi melalui API kognitif. Teknologi ini menerima permintaan Anda dalam format tertentu dan mengirimkannya ke sistem penyimpanan data lainnya. Setelah itu, menjadi mudah untuk menyimpan dan menganalisis big data Anda.


3. API Menghasilkan Lebih Banyak Data

Penggunaan teknologi API terbuka telah menciptakan ruang untuk lebih banyak pembuatan data. Misalnya, dalam sektor pendidikan, siswa dan guru sekarang menggunakan aplikasi dan situs web untuk belajar dan mengerjakan ujian. API terbuka membantu aplikasi dan situs web terhubung dengan berbagai sistem penyimpanan data.


Koneksi ini akan terjadi setelah Anda memberikan izin. Kemudian, Anda akan melihat bahwa data terkumpul dari detail dan aktivitas pengguna setelah beberapa waktu.


Cara Mengontrol Big Data untuk Mendapatkan Wawasan yang Lebih Mendalam


Anda akan mendapatkan manfaat dari big data jika Anda belajar mengelolanya dengan baik. Ingat, Anda hanya bisa melakukannya dengan baik menggunakan alat dan keterampilan yang tepat untuk menganalisis poin-poin utama. Pastikan Anda memperhatikan aspek-aspek berikut untuk mendapatkan hasil maksimal dari big data Anda:


1. Tangkap Setiap Detail

Perhatikan setiap detail, bahkan jika itu kecil. Jika Anda memiliki celah dan titik buta dalam data Anda, Anda akan kehilangan informasi penting dan mendapatkan analisis data yang salah. Namun, jika Anda mendapatkan semuanya dengan benar, Anda akan tahu bagaimana meningkatkan layanan pelanggan.


2. Utamakan Kualitas daripada Kuantitas

Setelah mendapatkan setiap fakta, lebih fokuslah pada analisis data penting terlebih dahulu. Ini menghemat lebih banyak waktu dan sumber daya sekarang karena Anda menangani lebih banyak informasi.


3. Jaga Sistem Produksi Anda Aman

Anda harus mematuhi standar keamanan yang tinggi saat mengontrol data Anda. Misalnya, data pelanggan dan perusahaan harus aman dari serangan siber. Selain itu, analisis tidak boleh mempengaruhi keamanan sektor produksi karena bisnis perlu berjalan secara real-time.


Pada abad yang lalu dan saat ini, esensi big data telah tumbuh. Mengelola big data memerlukan investasi yang signifikan dan seperangkat keterampilan. Anda dapat menggunakan API terbuka untuk membantu menciptakan, menyimpan, dan menganalisis data Anda sebagai pemilik bisnis. Ini akan membantu Anda menemukan solusi untuk beberapa masalah bisnis Anda.


Silakan kunjungi halaman kami untuk mempelajari tentang penggunaan luar biasa dari layanan big data.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article