Tingkatkan Penjualan Akhir Tahun Anda dengan Omnichannel

30 Desember 2021

Tingkatkan Penjualan Akhir Tahun Anda dengan Omnichannel

Menyambut Natal dan Tahun Baru, bisnis perlu mempersiapkan diri untuk salah satu periode belanja tersibuk tahun ini. Dengan semakin banyak pelanggan yang pindah ke platform digital, pola konsumsi sekarang berubah secara signifikan. Hadir di semua saluran tidak lagi cukup untuk memenangkan pelanggan Anda, bisnis sekarang diharapkan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus untuk meningkatkan penjualan akhir tahun menggunakan platform omnichannel dengan Platform Komunikasi sebagai Layanan (CPaaS). Cara meningkatkan perjalanan pelanggan Anda dan mengubah keterlibatan Anda menjadi penjualan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:


Pemasaran media sosial yang kuat untuk membentuk tren dan mendorong lebih banyak penjualan

Strategi pemasaran dan keterlibatan media sosial yang kuat sekarang dianggap sebagai hal yang harus dilakukan untuk perusahaan jika mereka ingin sukses dalam penjualan. Menurut Deloitte, media sosial sekarang menjadi jendela toko baru. Ini adalah tempat di mana pelanggan menelusuri untuk menemukan ide dan inspirasi. Tidak hanya media sosial yang kini juga digunakan oleh perusahaan bersama para influencer untuk membentuk tren industri dan menggiring opini audiens, namun kini juga telah menjadi kanal penjualan yang strategis. Memanfaatkan tren yang berkembang ini, perusahaan perlu melakukan upaya serius untuk membangun kehadiran media sosial mereka sambil mengintegrasikan media sosial dalam platform komunikasi mereka untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus.


Hubungkan pengalaman belanja langsung dengan e-commerce dan saluran penjualan digital

Dengan munculnya e-commerce di pasar saat ini, tidak ada pertanyaan bahwa hal itu secara signifikan berdampak pada pengalaman ritel langsung telah sangat terpengaruh, dengan penurunan jumlah orang yang berbelanja di toko batu bata dan mortir di seluruh dunia. Namun, banyak pengecer percaya bahwa belanja secara langsung masih memiliki peran penting dalam mengubah prospek penjualan yang sebenarnya. 75% konsumen Gen Z, yang lahir sejak pertengahan 1990-an, setuju bahwa toko-toko langsung menyediakan layanan yang lebih besar dibandingkan dengan belanja online, menurut studi oleh Dewan Pusat Perbelanjaan Internasional. Mengambil keuntungan dari preferensi ini, menghubungkan pengalaman ritel langsung dengan keuntungan e-commerce pasti dapat membawa manfaat bagi perusahaan. Hal ini dapat dicapai melalui kampanye pemasaran kreatif dan strategi komunikasi dan platform yang akan menciptakan perjalanan belanja tanpa batas bagi pelanggan Anda, terutama selama periode sibuk akhir tahun ini.


Meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan penggunaan dengan pencarian suara

Menurut Econsultancy, 50% dari semua pencarian akan dilakukan melalui suara. Pertumbuhan pencarian suara sekarang telah secara signifikan berkontribusi pada peningkatan aksesibilitas dan kemudahan penggunaan di banyak platform komunikasi di pasar. Perusahaan yang menerapkan pencarian suara di platform komunikasi omnichannel mereka kemungkinan besar akan menarik lebih banyak orang untuk menelusuri produk dan layanan mereka, serta untuk menyelesaikan pembelian dari platform pengecer online. Untuk dapat menerapkan fitur ini secara efektif, perusahaan perlu merancang sistem mereka untuk memiliki kemampuan berkomunikasi secara alami dan informal, serta mengambil tindakan serius dalam mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan peluang keberhasilan.


Memasuki salah satu waktu tersibuk tahun ini, perusahaan, terutama pengecer perlu memastikan bahwa teknologi CPaaS Indonesia mereka siap menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus untuk meningkatkan penjualan akhir tahun. Memanfaatkan media sosial untuk membentuk tren, mengoptimalkan hubungan antara toko mereka dan platform e-commerce mereka, serta menambahkan fitur pencarian suara di CPaaS mereka, strategi ini akan membantu pelanggan untuk menikmati pengalaman belanja mereka dan karena itu berdampak pada keputusan pembelian mereka yang akan secara langsung berkontribusi pada penjualan dan pendapatan Anda. Menyediakan pilihan belanja yang cerdas, bisnis Anda pasti akan memimpin pasar selama musim perayaan ini. Selamat berlibur!


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

28 September 2022
Menciptakan Pendidikan Tanpa Batas &Pengalaman Kelas melalui CPaaS
Cloud & Data CenterCloud

Model komunikasi berbasis cloud seperti CPaaS dapat membantu sekolah memberikan pengalaman pendidikan yang dipersonalisasi.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...