Tips Kesehatan &Kesehatan untuk Karyawan WFO

21 October 2021

Tips Kesehatan &Kesehatan untuk Karyawan WFO

Loading...

Meskipun tren WFH (atau WFA) sedang meningkat, WFO masih ada untuk beberapa konteks yang luar biasa. Di Indonesia, dengan meningkatnya kasus Covid-19, pemerintah saat ini memberlakukan pembatasan kegiatan sosial multi-tier (PPKM) yang relatif baru, di mana sektor-sektor penting (keuangan, ICT, ekspor, hotel non-karantina) diatur untuk memiliki 50% pekerja mereka bekerja dari kantor. Sektor kritis (energi, kesehatan, keamanan, logistik, utilitas dasar), di sisi lain, bahkan harus menerapkan 100% WFO.


Ketika akhir penguncian di berbagai belahan dunia semakin dekat, juga akan ada kembalinya secara bertahap ke ruang kantor. Sementara WFH mungkin tetap untuk pekerja dari beberapa departemen, banyak dari kita mungkin perlu kembali ke rutinitas kantor normal segera. Namun, karena pandemi masih ada, mungkin ada kekhawatiran tentang kesehatan pekerja kantor di tempat. Bagaimana karyawan WFO dapat menjaga kesehatan mereka sehingga mereka dapat tetap produktif? Bagaimana manajer bisa membantu mereka? Berikut adalah beberapa tips kesehatan dan kesehatan untuk karyawan WFO.


1. Jarak Fisik Diri Anda

Cara paling efektif untuk menjaga kesehatan pekerja kantor selama pandemi adalah sesuatu yang terlalu kita kenal: physical distancing. Kita tahu bahwa jargon tersebut telah dikampanyekan tanpa henti di mana-mana, tetapi tidak pernah berlebihan untuk menjaga jarak aman antara pekerja selama saat-saat yang tidak pasti ini. Mungkin juga perlu ada beberapa penjadwalan strategis atau waktu untuk mengatur mobilitas pekerja dengan lebih baik. Manajer juga perlu menyusun rencana untuk pertemuan yang lebih efisien, di mana sejumlah orang harus tinggal di satu ruangan bersama.


2. Masker Menyala

Ketika karyawan WFO berinteraksi dengan lebih banyak orang di jarak yang lebih dekat, organisasi dapat menjaga mereka tetap aman dan sehat dengan membuat peraturan ketat tentang mengenakan masker. WHO dan CDC telah mengkonfirmasi bahwa partikel Covid-19 dapat ditularkan melalui kegiatan biasa seperti berbicara atau bahkan bernapas. Mengingat bahwa penularan paling cepat ketika pembawa tidak menunjukkan gejala, sulit untuk mendeteksi dan mengantisipasi infeksi di antara karyawan WFO. Namun, mudah untuk memakai masker, yang merupakan pertahanan yang tangguh untuk menjaga semua orang tetap aman.


3. Ungkapkan kekhawatiran Anda

Poin ini mungkin tidak semudah kedengarannya, tetapi kapan pun Anda bisa, ungkapkan kekhawatiran Anda terkait dengan peraturan kesehatan di kantor Anda, bahkan jika kadang-kadang tidak nyaman untuk melakukannya. Bagaimana kantor mengukur risiko infeksi? Apakah peraturan keselamatan kerja mencakup langkah-langkah pencegahan covid-19? Apakah ada protokol yang jelas jika ada infeksi? Mengekspresikan kekhawatiran ini adalah hal yang benar untuk dilakukan meskipun sulit. Mungkin ada hal-hal yang diabaikan oleh peraturan saat ini di kantor Anda, sehingga meningkatkan kekhawatiran dapat menghemat banyak kolega Anda.


4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda

Ada begitu banyak cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Dalam konteks kehidupan profesional, hal yang paling layak untuk dilakukan adalah mengelola tingkat stres kita. Luangkan waktu untuk mendinginkan panas yang mungkin timbul dari pekerjaan kantor. Juga, terlepas dari jumlah beban kerja yang perlu Anda lakukan, pastikan Anda meluangkan waktu untuk mendapatkan cukup tidur, karena kurang tidur mungkin mengacaukan kekebalan Anda. Aspek penting lainnya untuk membangun kekebalan tubuh kita adalah berolahraga secara teratur. Last but not least, vaksin bekerja, jadi dapatkan diri Anda divaksinasi sesegera mungkin.


5. Mempromosikan Budaya Higienis

Greta Thunberg baru-baru ini mengatakan dalam tweet-nya baru-baru ini, "Tidak ada yang aman sampai semua orang aman." Dalam konteks WFO selama pandemi, keselamatan semua orang bergantung pada kebiasaan semua orang dalam menjaga hal-hal bebas virus. Sederhananya, budaya higienis tidak harus dimulai dengan peraturan dari atas. Kebiasaan sederhana seperti secara teratur membersihkan meja Anda sendiri dapat menginspirasi rekan kerja Anda untuk melakukan hal yang sama. Rutinitas higienis seperti ini dapat diterjemahkan ke dalam upaya kolektif untuk menjaga kesehatan dan keselamatan setiap orang yang harus bekerja di kantor.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top