Tips Mencegah Kelelahan Panggilan Konferensi

28 Desember 2021

Tips Mencegah Kelelahan Panggilan Konferensi

Dunia yang dilanda pandemi melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam aplikasi konferensi video. Pada tahun 2020, Zoom diperkirakan memiliki lebih dari 470.000 pelanggan bisnis dan mengalami pertumbuhan 317% setelah tahun sebelumnya. Selain Zoom, aplikasi konferensi video lainnya juga menyaksikan peningkatan lalu lintas 535%, menurut Digital in The Round. Sampai hari ini, lebih dari tiga perempat dari semua karyawan di seluruh dunia menggunakan aplikasi panggilan konferensi untuk pertemuan. Tetapi meskipun pertumbuhan positif seperti itu, pekerja di seluruh dunia mengalami kelelahan yang disebabkan oleh panggilan konferensi.


Kelelahan

Kelelahan panggilan konferensi dapat terjadi pada semua orang, bahkan kepada CEO aplikasi panggilan konferensi (ingat ketika Eric Yuan mengatakan dia mengalami kelelahan Zoom pada Mei 2021?). Menurut sebuah penelitian di Stanford, 1 dari 20 pria mengalami kelelahan dalam jumlah tinggi setelah panggilan konferensi. Jumlahnya bahkan lebih tinggi di kalangan wanita, karena kelelahan dilaporkan oleh 1 dari 10 wanita. Jika dibiarkan tidak tertangani, kelelahan panggilan konferensi dapat menyebabkan tingkat fokus yang lebih rendah, produktivitas yang lebih rendah, lekas marah, dan masalah kesehatan yang sebenarnya seperti sakit kepala.


Penyebabnya

Dalam sebuah penelitian oleh para ahli tentang kemungkinan pemicu kelelahan panggilan konferensi, ada empat kemungkinan penyebab kelelahan panggilan konferensi. Pertama-tama, itu mungkin disebabkan oleh tingginya jumlah waktu yang kita habiskan untuk melakukan kontak mata. Studi ini juga menunjukkan bahwa melihat diri Anda terus-menerus dapat membuat Anda lebih kritis terhadap diri sendiri, yang melelahkan. Juga, jika pertemuan kehidupan nyata melibatkan beberapa tingkat mobilitas (yang mendukung fungsi kognitif), panggilan konferensi membuat kita tetap tinggal. Selain itu, obrolan video memberi kita begitu banyak beban kognitif untuk diproses pada saat yang bersamaan.


Solusi

Jika Anda mengalami kelelahan panggilan konferensi, Anda tidak sendirian. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau potensi kelelahan yang mungkin disebabkan oleh pertemuan virtual.

• Matikan Cameras. Sebagai manajer, Anda mungkin ingin mengizinkan anggota tim Anda untuk menghadiri pertemuan tanpa mengharuskan mereka untuk hadir di depan kamera. Para ahli dari University of Arizona menjelaskan bahwa panggilan konferensi dapat membuat orang merasa di bawah pengawasan, dan secara psikologis, itu mungkin melelahkan. Mematikan kamera selama pertemuan mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi sebenarnya ditemukan untuk meningkatkan fokus dan produktivitas. Jika memblokir kamera tidak mungkin, setidaknya cobalah untuk membatasi jumlah waktu di mana video berada selama rapat.

• Catat Rapat. Mari kita hadapi itu. Terkadang tidak semua orang yang menghadiri pertemuan harus benar-benar ada di sana. Jika itu masalahnya, manajer mungkin ingin mempertimbangkan untuk merekam pertemuan untuk orang-orang yang tidak perlu berpartisipasi. Harus menghadiri berjam-jam pertemuan tanpa urgensi berpartisipasi bisa melelahkan, sehingga pilihan untuk menonton pertemuan yang direkam dapat membawa rasa lega bagi semua orang. Jika memungkinkan, seseorang hanya dapat mencatat poin-poin penting dari pertemuan sebelum mendistribusikannya sebagai selebaran untuk semua orang.

• Mengadakan Pertemuan dengan Kelompok yang Lebih Kecil. Jika menghadiri pertemuan tanpa berpartisipasi dapat melelahkan, penelitian telah menemukan bahwa pertemuan dengan kelompok yang lebih kecil dapat mendorong partisipasi, mengurangi jumlah kemungkinan kelelahan. Pertemuan yang melibatkan kelompok yang lebih kecil juga cenderung menghasilkan produktivitas yang lebih baik. Atau, dalam kasus di mana pertemuan harus melibatkan kelompok besar orang, Anda dapat mengatur pertemuan sehingga memiliki sesi di mana kelompok yang lebih kecil dapat berdiskusi. Ruang pelarian Zoom, misalnya, adalah fitur yang sangat berguna yang dapat memfasilitasi model tersebut.

• Beristirahatlah. Terkadang mudah tersesat dalam diskusi, terutama ketika ide dan perselisihan (atau kekurangannya) disampaikan dengan cara yang begitu bersemangat. Namun, dalam situasi panggilan konferensi, jangan lupa untuk beristirahat. Istirahat lima menit bisa sangat berarti bagi peserta rapat. Bahkan istirahat 20 detik dapat membantu mata untuk beristirahat dan menyesuaikan diri, menurut optometrists. Tidak ada yang bisa menahan berjam-jam pertemuan tanpa istirahat tunggal dalam kehidupan nyata, apalagi dalam pengaturan panggilan konferensi.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...