Tips Untuk Tetap Produktif Sepanjang Ramadan

13 April 2021

Tips Untuk Tetap Produktif Sepanjang Ramadan

Loading...

Ramadan hampir ada pada kita. Ini adalah bulan yang indah di mana miliaran Muslim mengalami perjalanan spiritual tahunan di mana kualitas terbaik manusia dapat muncul: empati, pengendalian diri, kesabaran, disiplin, dan kemurahan hati. Ini adalah bulan berdoa, introspeksi, dan yang paling terasa, puasa. Dan bukan rahasia lagi bahwa bekerja selama bulan Ramadhan bisa sangat menantang. Dengan sarapan lebih awal, makan malam nanti, dan tidak ada makan siang di antaranya, bagaimana kita bisa tetap produktif? Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga produktivitas sepanjang bulan suci.


Makan Sahur dengan Benar

Tips pertama adalah yang jelas: Jangan melewatkan sahur (sahur). Selain sebagai berkah, sahur adalah makanan paling penting hari itu yang memberi kita nutrisi dan asupan cairan selama berjam-jam puasa yang akan datang. Mengingat bahwa tubuh kita membutuhkan energi untuk bekerja, makan sahur tidak dapat dinegosiasikan. Juga, ditemukan bahwa makan cukup lebih baik daripada makan sebanyak yang kita bisa. Mengisi terlalu banyak makanan mungkin kontraproduktif karena dapat membuat kita merasa lesu.


Hindari Kafein

Ini mungkin berita buruk bagi sesama pecinta kopi dan teh di luar sana, karena banyak dari kita menyukai sentakan kafein yang biasanya memberikan tendangan energi untuk meningkatkan produktivitas kita dan mencerahkan suasana hati kita! Sayangnya, asupan kafein justru bisa menyiram air dan garam lebih cepat. Inilah sebabnya mengapa kafein harus dihindari selama puasa. Beberapa juga merekomendasikan tinggal jauh dari kafein hari-hari menjelang Ramadhan sehingga tubuh kita bisa mendapatkan lebih dari penarikan kafein lebih cepat.


Rencanakan Hari Anda

Setelah tiba waktunya untuk bekerja, perencanaan sangat penting di sini. Pertama, kita dapat mengurutkan tugas dengan prioritas tertinggi. Dengan begitu, kita tidak perlu membuang banyak energi untuk menyelesaikan tugas dengan signifikansi kecil. Kedua, pikirkan cara untuk menghemat energi Anda. Dalam beberapa kasus, kita mungkin bisa menekan multitasking kita karena bisa sangat melelahkan. Juga, kita perlu melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan (termasuk kesehatan mental!). Pikiran dan tubuh yang sehat akan memungkinkan kita untuk bekerja dan berpuasa dengan lebih baik.


Minimalkan Komuter

Sementara pandemi masih ada di sini dan banyak dari kita bekerja 100% dari rumah, beberapa dari kita mungkin masih diminta untuk pergi keluar untuk pertemuan tertentu. Jika itu masalahnya, buat pengaturan untuk meminimalkan komuter, karena komuter dapat menghabiskan banyak energi. Kita hidup di era internet, untungnya, begitu banyak pertemuan yang benar-benar bisa virtual. Manfaatkan aplikasi konferensi video untuk mengganti semua kerumitan dengan komuter sehingga Anda dapat tetap berenergi sampai makan Buka Puasa.


Luangkan waktu untuk beristirahat

Karena kita perlu menghemat energi sebanyak yang kita bisa, penting juga untuk meluangkan waktu untuk beristirahat. Tidur siang jika Anda bisa. Ketika dilakukan dengan benar, beberapa power nap dapat bermanfaat, terutama bagi sebagian besar dari kita yang sedang berpuasa. Selain itu, bagi mereka yang suka berolahraga, jangan memaksakan diri terlalu keras. Berolahraga selama Bulan Ramadhan adalah cara yang bagus untuk menjaga diri kita tetap sehat, tetapi seperti halnya dengan yang lainnya, itu harus dilakukan dalam jumlah sedang sehingga kita dapat tetap berenergi.


Saling Menjaga Satu Sama Lain

Last but not least, perhatikan kebutuhan masing-masing. Sebagai orang dengan kemampuan lebih untuk menetapkan aturan, para pemimpin dapat lebih murah hati kepada tim mereka selama Bulan Ramadhan. Misalnya, mereka dapat menyesuaikan jam kerja dan membiarkan anggota tim pulang beberapa jam sebelumnya. Tindakan kebaikan kecil seperti itu akan sangat membantu bagi mereka yang berpuasa dan menjaga anggota tim tetap produktif. Bagaimanapun, Ramadhan adalah saat yang tepat bagi kita semua untuk memaafkan dan peduli satu sama lain.


Itulah tips yang kami susun untuk puasa yang lebih sukses saat bekerja selama Bulan Ramadhan. Kami berharap bahwa semua tips ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam beberapa cara. Kami mengucapkan selamat Ramadan dan keberuntungan terbaik untuk perjalanan spiritual Anda sepanjang bulan. Ramadan Kareem!

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

21 April 2021
Perempuan di Sektor Teknologi

Apa programmer komputer pertama, orang yang meletakkan dasar untuk WiFi saat ini, dan pencipta STP Internet Protocol memiliki kesamaan? Jika jawaban Anda adalah 'mereka semua memiliki komputer', Anda salah.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top