Titik Pertukaran Internet: Cara Kerjanya dan Mengapa Ini Penting

15 October 2020

Titik Pertukaran Internet: Cara Kerjanya dan Mengapa Ini Penting

Loading...

Kehadiran Internet Exchange telah berkembang di Indonesia selama lebih dari 10 tahun. Pada tahun 2016, Internet Exchange Point (IXP) di Indonesia adalah Internet Exchange Point terbesar ketiga di dunia dan telah membantu penyedia layanan Internet menghemat biaya hingga 4,4T rupiah per tahun. Hingga saat ini, Internet Exchange Points telah memfasilitasi penyedia layanan internet (ISP) untuk menghemat biaya dan memberikan biaya berlangganan yang lebih rendah bagi pengguna mereka.

 

Definisi dari Internet Exchange Point

Internet Exchange Point (IXP) adalah infrastruktur fisik di mana operator, Penyedia Layanan Internet (ISP), jaringan pengiriman konten, perusahaan web, perusahaan hosting, dan penyedia cloud terhubung secara lokal. Internet Exchange Point memungkinkan anggotanya yang berpartisipasi untuk menghubungkan secara langsung dan bertukar lalu lintas Internet melalui mengintip alih-alih mengandalkan jaringan pihak ketiga untuk membawa lalu lintas melintasi Internet untuk mereka.

 

Meskipun berbagai ukuran dan kompleksitas, Internet Exchange Point pada dasarnya berisi router, server, dan satu atau beberapa switch jaringan yang rute lalu lintas antara jaringan anggotanya. Untuk memenuhi tujuannya, Internet Exchange Points harus ditempatkan di lokasi netral dan biasanya tersebar di seluruh negara untuk memungkinkan jaringan lokal untuk secara efisien bertukar lalu lintas.

 

Pentingnya Titik Pertukaran Internet

Poin Pertukaran Internet penting karena kehadiran mereka membantu memperkuat konektivitas Internet lokal. Kenyamanan bertukar lalu lintas dengan anggota Internet Exchange Point lainnya memungkinkan perusahaan jaringan untuk mempersingkat jarak sekelompok data harus melakukan perjalanan dari sumbernya ke tujuannya, menjaga lalu lintas lokal, menghasilkan latensi yang berkurang dan peningkatan waktu pulang pergi. Internet Exchange Points juga memungkinkan stabilitas akses dan kontinuitas yang lebih baik melalui kemampuan mereka untuk mengarahkan lalu lintas Internet ketika ada masalah konektivitas di jaringan. Dengan menyediakan koneksi jaringan yang lebih langsung dan lebih cepat, Internet Exchange Points meningkatkan kualitas akses bagi produsen dan konsumen konten lokal.

 

Manfaat lain dari menggunakan Internet Exchange Points untuk perusahaan jaringan adalah mengurangi biaya operasi. Dengan menggunakan berbagai metode, anggota Internet Exchange Points dapat berbagi biaya pemeliharaan infrastruktur fisik dan layanan terkait. Anggota ini juga dapat menghemat biaya dengan memastikan bahwa lalu lintas antara pengirim lokal dan penerima menggunakan koneksi lokal yang relatif murah, bukan tautan internasional. Biaya operasi yang lebih rendah berarti biaya akses Internet yang lebih terjangkau untuk lebih banyak pengguna Internet Exchange Point internet lokal.

 

Karena apa yang mereka tawarkan, Internet Exchange Points sangat penting dalam pengembangan ekosistem Internet lokal dan memicu lebih banyak inovasi dan peluang bisnis, sehingga meningkatkan daya saing. Keberadaan Internet Exchange Point di lingkungan lokal menarik berbagai layanan terkait, seperti server nama domain dan konten dan cache Web. Ketika jenis layanan ini dilokalisasi, mereka mengurangi persyaratan bandwidth dan meningkatkan kecepatan dan keandalan akses Internet untuk pengguna lokal. Perbaikan ini bekerja sebagai motivasi bagi pengembang lokal untuk memproduksi dan memberikan konten dan aplikasi lokal yang lebih relevan yang mengarah pada pengalaman online yang lebih baik bagi konsumen lokal. Secara keseluruhan, seluruh proses membuat Internet lebih bermanfaat secara sosial dan ekonomi bagi suatu daerah, kota, dan suatu negara.

 

Berbagai Jenis Titik Pertukaran Internet

Dalam kebanyakan kasus, Internet Exchange Points dijalankan dan dikelola oleh sekelompok pihak yang akan mendapat manfaat dari keberadaan Internet Exchange Points. Beberapa Titik Pertukaran Internet bersifat komersial, dan beberapa untuk tujuan nirlaba. Namun, titik kunci dari kepemilikan dan pengelolaan Internet Exchange Point adalah netralitasnya.

 

Secara umum, ada lima kategori Titik Pertukaran Internet berdasarkan tujuan dan gaya manajemen mereka:

  1. Internet Exchange Points dikelola oleh organisasi nirlaba

  2. Internet Exchange Points dikelola oleh asosiasi formal dan informal ISP

  3. Internet Exchange Points ditopang oleh pusat penelitian, universitas, dan badan pemerintah

  4. Perusahaan komersial

  5. Internet Exchange Points disediakan oleh penyedia colocation seperti NeuCentrIX

 

Untuk menjaga netralitasnya, Internet Exchange Point tidak dapat dimiliki oleh anggotanya. Ini juga berarti bahwa Internet Exchange Point tidak boleh bersaing dengan anggota atau pelanggannya dalam kegiatan apa pun termasuk peluang bisnis.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top