Tren Big Data Berikutnya &Bagaimana Mereka Berkolaborasi dengan Cloud

26 Agustus 2022

Tren Big Data Berikutnya &Bagaimana Mereka Berkolaborasi dengan Cloud

Cloud & Data Center Cloud 

Saat ini, penggunaan big data telah mengubah berapa banyak perusahaan yang membuat keputusan. Dengan teknologi cloud, big data akan membawa lebih banyak skalabilitas ke banyak organisasi.

Tapi apa artinya dengan big data dalam teknologi saat ini? Jadi, di sini, kita akan membahas lebih lanjut tentang arti big data, tren big data top 2022, dan bagaimana ia dapat berkolaborasi dengan cloud untuk bisnis.

Apa itu Big Data?

Big data adalah bagian dari analisis data melalui teknologi hebat. Ilmuwan data menyebut big data sebagai data penting dengan menganalisis ukuran dan kecepatan generasinya. Sistem teknologi tradisional tidak dapat menangani informasi seperti itu dengan mudah.

Tren Teratas Big Data pada tahun 2022

Di era IT 2022, perusahaan berupaya merancang cara untuk mengoptimalkan big data. Itu karena data skala besar telah memengaruhi berbagai tren pasar. Berikut adalah tren teratas big data yang harus Anda lihat pada tahun 2022 dan tahun-tahun mendatang.

1. Internet of Things (IoT)

Seiring berkembangnya teknologi, harapkan lebih banyak orang untuk berada di internet karena perangkat online yang canggih. IoT akan membantu banyak organisasi menyimpan dan memproses data secara nyata untuk memecahkan masalah.

2. Kualitas Data

Manajemen data sangat penting untuk kesuksesan banyak perusahaan di tahun 2021. Organisasi-organisasi yang tidak terlalu memikirkan kualitas data mengalami kesulitan. Pada tahun 2022, perusahaan akan memikirkan kualitas data untuk membantu mereka menetapkan target bisnis yang benar.

3. TinyML

Bagi mereka yang menggunakan perangkat kecil dan berdaya rendah seperti mikrokontroler, TinyML membantu mereka memiliki waktu online yang lancar. TinyML berkutat pada latensi rendah dan hanya menggunakan microwatt dan miliwatt. Orang-orang akan menggunakan TinyML lebih banyak pada tahun 2022 karena mereka lebih aman untuk data mereka di perangkat ini.

4. AutoML

Automated Machine Learning (AutoML) secara otomatis akan meningkatkan tingkat dan kualitas interaksi manusia untuk memecahkan berbagai masalah. Perusahaan akan menggunakan AutoML pada tahun 2022 untuk membantu pelajar ML mendapatkan lebih banyak keterampilan.

5. Migrasi Cloud

Harapkan banyak bisnis untuk lebih fokus pada teknologi cloud pada tahun 2022 dan masa depan. Selain itu, banyak orang beradaptasi dengan teknologi cloud untuk membuat hidup mereka lebih mudah. Migrasi cloud akan membawa lebih banyak kecepatan, keamanan, dan skalabilitas terlepas dari lalu lintas.

6. Pemrosesan Bahasa Alami (NLP)

NLP adalah fitur kecerdasan buatan yang menilai teks atau suara orang. Ini lebih seperti talkback atau Asisten Google di ponsel, di mana Anda dapat meminta ponsel dan mesin untuk membacakan perintah keras untuk Anda. Harapkan NLP menjadi lebih umum hari ini dan di hari-hari mendatang.

7. Keamanan Cyber

Banyak perusahaan di tahun 2022 akan memiliki platform online untuk menjalankan aktivitas mereka. Jadi, perkirakan banyak serangan siber akan meningkat. Organisasi akan fokus untuk memiliki rencana keamanan siber yang lebih ketat seperti pemodelan data tingkat lanjut pada tahun 2022 dan di tahun-tahun mendatang.

8. Analisis Prediktif

Meskipun analitik prediktif bukanlah hal baru, banyak tempat akan mengadopsinya karena perubahan pola perdagangan. Perusahaan akan memiliki lebih banyak ide untuk memilih solusi untuk wawasan prediktif yang berbeda.

Kolaborasi Cloud dan Big Data untuk Bisnis

Baik cloud maupun big data cenderung saling menguntungkan, terutama bagi perusahaan yang telah merangkul kedua fitur tersebut. Arman Kamran, CEO Prima Recon, mengatakan bahwa statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2020, mereka mengumpulkan lebih dari 44 triliun gigabyte data. Jumlah ini akan tumbuh hingga 168 triliun gigabyte dalam setahun.

Angka-angka data besar ini akan membutuhkan teknologi komputasi awan untuk membantu penyimpanan dan skalabilitas. Ini akan terjadi karena cloud beroperasi dengan cara yang memungkinkan pengguna untuk mengakses data besar melalui internet saat membutuhkan.


Hubungan antara cloud dan big data memberi perusahaan banyak peluang untuk tumbuh. Data ini adalah salah satu yang tidak dapat ditangani oleh teknologi tradisional karena ukuran dan kecepatan pemrosesannya. Big data juga telah datang dengan banyak tren pada tahun 2022 bahwa orang harus siap untuk beradaptasi dengan mereka. Semua perusahaan yang akan lebih fokus pada data besar dan cloud akan memanfaatkan potensi besar mereka untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

21 November 2022
Cloud Computing di Era Pembayaran Digital
Cloud & Data CenterCloud

Penggunaan transaksi digital menjadi lebih populer daripada pembayaran tunai pada tahun 2020. Tetapi mode pembayaran terus meningkat dengan bantuan teknologi cloud.

Read More...

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...