Verifikasi Nomor Telepon: Cara Menjaga Otentikasi Tetap Aman

27 Januari 2022

Verifikasi Nomor Telepon: Cara Menjaga Otentikasi Tetap Aman

Ekosistem digital kami memberi kami banyak aplikasi dan opsi berbeda yang membawa kemudahan pada aktivitas sehari-hari kami, mulai dari tugas sederhana hingga hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Menurut Simform, rata-rata orang memiliki 40 aplikasi yang diinstal pada ponselnya. Sebelum menggunakan aplikasi ini, adalah umum bagi pengguna untuk diminta membuat akun dengan mengisi beberapa formulir yang terkait dengan identitas pengguna. Proses ini mengarah pada sejumlah metode verifikasi identitas, dari OTP hingga PNV.


Apa itu PNV?

Seperti namanya, Verifikasi Nomor Telepon (PNV) mengacu pada metode verifikasi identitas melalui MSISDN pengguna. Ini berfungsi sebagai metode untuk memverifikasi kepemilikan ponsel pengguna. PNV mirip dengan OTP, tetapi membutuhkan lebih sedikit tindakan pengguna dan menghemat banyak waktu. Ini juga merupakan metode verifikasi identitas yang lebih halus, karena tidak memerlukan PIN. Sebaliknya, ia mengambil keuntungan dari kartu SIM yang dibangun di setiap ponsel.


Kasus Penggunaan PNV

PNV memegang peran penting bagi bisnis dan pengguna akhir, karena menyediakan lapisan keamanan tambahan yang melindungi kedua belah pihak dari serangan cyber. Sementara serangan cyber dapat mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan, tindakan keamanan seperti PNV bertindak sebagai pertahanan yang melawan serangan ini bahkan sebelum terjadi. Langkah keamanan ini dapat diimplementasikan dalam banyak kasus yang berbeda. Vonage.com mencatat beberapa kasus penggunaan yang paling umum untuk PNV. Di antara kasus penggunaan yang paling umum, berikut adalah 5 di antaranya.

  1. Autentikasi Pendaftaran. Saat menyiapkan aplikasi atau situs web yang memungkinkan pengguna untuk membuat akun, selalu ada risiko orang membuat akun palsu. Risiko seperti itu juga ada di perusahaan raksasa seperti Facebook, yang menghapus 1,8 miliar akun palsu pada tahun 2021. PNV dapat membantu bisnis mengkonfirmasi identitas pengguna yang menghubungkan pengguna dan perangkat. Langkah ini juga membantu pengguna membangun kredibilitas untuk bisnis dari mana mereka menggunakan layanan. Memverifikasi identitas pengguna telah terbukti berguna bagi perusahaan mana pun, terutama mereka yang menyediakan aplikasi untuk pelanggan mereka.
  2. Memutakhirkan Autentikasi. Banyak bisnis menawarkan layanan dan paket yang berbeda untuk pelanggan mereka. Beberapa paket ini dilengkapi dengan model premium, di mana pengguna harus membayar lebih untuk layanan yang mereka pilih. Platform VOD, misalnya, dilengkapi dengan berbagai pilihan langganan, dan beberapa opsi lebih premium daripada yang lain. PNV dapat memperkuat keamanan pengguna sehingga dapat ada konfirmasi yang mudah dan cepat pada peningkatan yang mereka minta, menghilangkan ancaman peningkatan yang tidak sah.
  3. Reset kata sandi. Mengatur ulang kata sandi akun adalah langkah keamanan umum, terutama ketika ada risiko pelanggaran keamanan. Pada beberapa kesempatan, pengguna mungkin meminta reset kata sandi dari perangkat lain dengan alamat IP yang berbeda. Dalam kasus ini, PNV dapat berfungsi sebagai tindakan keamanan yang mudah dan aman yang dengan cepat mengkonfirmasi identitas pengguna. Penggunaan PNV untuk permintaan reset kata sandi telah diimplementasikan dalam beberapa kasus penggunaan, seperti Gmail dan Whatsapp.
  4. Reaktivasi Pengguna. Beberapa bisnis mungkin telah kehilangan retensi pelanggan, terutama selama pandemi. Untuk menanggapi situasi semacam ini, beberapa bisnis mungkin membuat inovasi untuk mengundang pengguna lama untuk kembali dan mencoba berbagai hal baru yang mereka tawarkan secara kreatif, dari UI baru hingga konten dan layanan baru. Namun, pengguna mungkin telah mengubah perangkat. Dengan PNV, pengguna lama dapat diautentikasi dengan cepat, terutama ketika perangkat baru mereka dilengkapi dengan MSISDN lama.
  5. Autentikasi Transaksi. Memverifikasi pembelian yang dilakukan secara online adalah langkah keamanan penting yang perlu ada dalam setiap proses bisnis. Juniper Research menemukan bahwa kasus penipuan secara global merugikan bisnis $ 20 miliar kerugian pada tahun 2021, membuat otentikasi transaksi lebih relevan dari sebelumnya. Sementara OTP dan otentikasi dua faktor telah menjadi langkah keamanan populer untuk melawan penipuan, PNV memberikan alternatif yang lebih cepat dan lebih aman yang dapat mengurangi penipuan yang terkait dengan transaksi online.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

3 Februari 2022
PNV vs OTP: Apa Perbedaannya?

Dalam beberapa film horor, ada adegan harta benda di mana entitas yang tidak dikenal mengambil alih kesadaran seseorang.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...