Video Gaming sebagai Pereda Stres Anda

22 November 2022

Video Gaming sebagai Pereda Stres Anda

Video game memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan mental Anda. Namun kebanyakan orang beranggapan bahwa video game berdampak pada beberapa hal yang menimbulkan masalah tambahan

Manfaat bermain game berasal dari emosi Anda di otak. Namun, Anda akan menikmati keuntungan dari gaya hidup game yang sehat.

Jadi, di sini, harapkan untuk mempelajari bagaimana video game memengaruhi emosi Anda dan manfaat video game dalam mengurangi stres.


Bagaimana Video Game memengaruhi Emosi

Kebanyakan orang memilih untuk bermain video game karena mereka cenderung melarikan diri dari beberapa masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan nyata. Game membantu para pemain melupakan masalah dan tekanan emosional mereka untuk beberapa waktu.

Menurut sebuah penelitian, video game mempengaruhi amigdala otak manusia. Ini adalah zona yang memandu ketakutan dan perasaan negatif Anda. Amigdala menjadi aktif jika Anda dalam kesulitan atau rasa sakit. Tetapi begitu Anda mulai bermain video game, amigdala dan pikiran negatif mereda.


Manfaat Video Game dalam Mengurangi Stres

Jika kesehatan mental Anda tidak dalam kondisi yang tepat, berikut ini adalah cara terbaik bermain video game dapat membantu Anda:

1. Video Game Merangsang Pikiran Anda

Sebelum Anda menikmati permainan, Anda harus memikirkan rencana saat memainkannya. Jadi, Anda harus melibatkan otak Anda dalam menemukan solusi terbaik untuk game itu.

Seberapa banyak Anda akan mengaktifkan pikiran Anda tergantung pada tingkat dan kompleksitas permainan. Tapi itu akan membuat pikiran Anda tahu bagaimana menyelesaikan berbagai masalah kehidupan.

2. Anda Akan Meningkatkan Kehidupan Sosial Anda

Terkadang, Anda bisa mengalami stres karena tidak cukup berinteraksi dengan orang lain. Tetapi begitu Anda mulai bermain game online atau offline dengan pemain lain, ini membantu Anda bersantai. Anda akan belajar siapa yang harus dipercaya dalam game semacam itu karena game multipemain membutuhkan kerja sama. Setelah kehidupan sosial Anda dalam kondisi yang tepat, itu adalah langkah besar dalam memecahkan masalah Anda.

3. Game Membuat Anda Merasa Berhasil

Setiap video game memiliki serangkaian tujuan yang harus Anda penuhi. Ini memuaskan pikiran Anda ketika Anda menyelesaikan tujuan, terutama di tingkat yang sulit. Anda dapat menerapkan perasaan itu pada kehidupan sehari-hari Anda dan bersantai dari stres untuk mencapai tujuan jangka panjang. 

4. Emosi Anda akan menjadi lebih baik

Gagal dalam hidup atau video game akan membuat Anda stres. Kegagalan akan membuat Anda sedih karena Anda akan berpikir Anda telah kehilangan berbagai peluang. Tetapi dalam video game, jika Anda gagal, Anda dapat memulai lagi. Seiring waktu, emosi Anda akan menjadi tangguh, bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Video Game Meningkatkan Mood Anda

Bermain video game sendirian atau dengan orang lain membuat tubuh Anda mengeluarkan dopamin. Ini adalah hormon yang meningkatkan kesejahteraan Anda.


Bagaimana Video Game Mengurangi Stres

Bermain game tanpa rencana atau minat apa pun berbahaya bagi kesehatan mental Anda. Ini akan menambah lebih banyak stres bagi Anda. Tapi tolong gunakan cara-cara di bawah ini untuk membuat video game mengurangi tekanan yang Anda rasakan dalam pikiran Anda.

1. Bermain Video Game Strategis

Game yang membuat Anda memecahkan masalah yang mendalam dapat meningkatkan keterampilan hidup Anda dalam menghadapi berbagai masalah. Pada akhirnya, itu akan bermanfaat bagi kesehatan mental Anda dan mengurangi tingkat stres Anda.

2. Memiliki Batas Permainan yang Tepat

Bermain video game sangat mengesankan. Tetapi jika Anda bermain tanpa rencana atau batasan, permainan akan menambah lebih banyak stres dalam hidup Anda. Ini akan mengacaukan kehidupan sosial Anda dan membuat Anda kehilangan fokus pada tujuan hidup Anda.

3. Hindari Bermain Game Sendirian

Tidak salah bermain video game sendirian. Namun akan memberikan dampak yang lebih positif jika anda bermain dengan teman-teman anda. Ini meningkatkan kehidupan sosial Anda, memungkinkan Anda untuk bersantai, dan memecahkan beberapa masalah Anda.


Video game adalah kemewahan besar jika Anda memiliki rencana bermain yang tepat. Bermain game memengaruhi emosi Anda, yang dapat membantu mengurangi berbagai tekanan hidup. Anda akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik dan meningkatkan keterampilan sosial Anda melalui video game yang bagus. Kami menawarkan cloud gaming dan berbagai jenis game. Pastikan Anda mengunjungi halaman kami, berlangganan, dan bermain langsung tanpa memiliki konsol game.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...