Visualisasi data untuk memicu pertumbuhan

15 April 2021

Visualisasi data untuk memicu pertumbuhan

Cloud & Data Center International DC 
Loading...

Manusia dapat lebih memahami informasi yang disajikan dalam bentuk visual. Dengan menggunakan bentuk, pola, dan warna, orang dapat memahami situasi kompleks dan sulit yang nyata dengan sangat cepat. Jadi, jika Anda tahu cara memvisualisasikan data berukuran raksasa Anda dengan baik, Anda akan dapat mengungkap kompleksitas data Anda dengan sangat baik, sehingga mempersenjatai diri dengan wawasan yang mereka berikan untuk membantu Anda menyusun strategi, terutama ketika bisnis Anda mencapai stagnasi.

Melalui visualisasi data, Anda dapat dengan cepat memahami tren dan pola, termasuk outlier dan anomali. Semakin Anda dapat menganalisis data Anda dan mengubahnya menjadi visual yang dapat dipahami melalui dasbor atau dek data, semakin Anda dapat memanfaatkan wawasan dari kumpulan data besar yang Anda miliki. Ini benar di berbagai bidang: dari pemerintah, fi0ce, pemasaran, sejarah, barang-barang konsumen, industri jasa, pendidikan, olahraga: sebut saja.

Dengan mengingat hal ini, sangat disarankan bagi para profesional dari berbagai bidang untuk mempelajari dasar-dasar visualisasi data sehingga mereka juga membekali diri dengan kemampuan untuk mendapatkan wawasan dari kumpulan data besar ini. Keterampilan visualisasi data membutuhkan persimpangan analisis data dan mendongeng. Bagian mendongeng melibatkan kemampuan Anda untuk menenun fakta statistik yang berpotensi "membosankan" ke dalam narasi tren bisnis.

Jenis Visualisasi Data yang Umum

Anda dapat dengan mudah berhubungan dengan pengalaman Anda sendiri dengan cepat memahami data yang disajikan bahkan dalam grafik batang atau bentuk bagan pai yang paling sederhana. Namun, dengan kemajuan teknologi yang telah kami buat, sekarang kami telah dapat memanfaatkan berbagai bentuk visualisasi data yang lebih berwarna dan menarik, seperti grafik, tabel, grafik, peta, infografis, dan dasbor.

Bentuk visualisasi data yang lebih canggih meliputi: bagan area, bagan batang, plot kotak-dan-kumis, awan gelembung, grafik peluru, kartogram, tampilan lingkaran, peta distribusi titik, bagan Gantt, peta panas, tabel sorotan, histogram, matriks, jaringan, area kutub, pohon radial, plot sebar (2D dan 3D), steamgraph, tabel teks, garis waktu, peta pohon, grafik tumpukan baji dan awan kata (untuk menganalisis tren semantik).

Misalnya, dengan menggunakan kartogram, Anda dapat merasakan tren pengeluaran konsumen yang ditunjukkan oleh warna yang berbeda di area yang berbeda. Kemudian Anda dapat memanfaatkan data ini tentang apakah Anda harus mengoptimalkan kegiatan pemasaran produk kopi atau latte teh Anda di berbagai wilayah ini berdasarkan tren preferensi konsumen yang berbeda di sana. Anda juga dapat menggunakan visual tersebut untuk menyusun strategi dalam berurusan dengan pesaing bisnis Anda dengan melihat bagaimana Anda dapat menargetkan segmen yang tepat di berbagai bidang.

Pilih Software yang Tepat

Ini sangat membantu ketika bisnis Anda tampaknya mencapai stagnasi karena kejenuhan pasar. Visualisasi data dapat memberi Anda wawasan tentang seluk-beluk dan nuansa perilaku manusia seperti yang disebutkan di atas, dalam skala yang lebih besar dan real-time.

Hal yang paling keren dari semuanya: Anda dapat menggabungkan semua bentuk yang berbeda ini di bawah satu dasbor! Semakin baik wawasan visual yang dapat Anda hasilkan dari kumpulan data Anda, semakin baik pertumbuhan bisnis yang dapat Anda capai dipersenjatai oleh informasi tersebut.

Untuk mempelajari trik trik visualisasi data, Anda dapat mengunjungi berbagai blog tentang big data. Jika Anda mencari sumber daya bentuk panjang, ada juga buku-buku hebat yang bisa Anda dapatkan yang berbicara tentang informasi kuantitatif, kartograf, dll. Kemudian, pada tahun 2021, untuk memicu pertumbuhan bisnis dengan memvisualisasikan kumpulan data Anda yang besar, adopsi perangkat lunak yang tepat. Ada banyak dari mereka - Anda mungkin akrab dengan beberapa perangkat lunak ini.

Telkom DWS juga memiliki platform yang dapat membantu Anda membuat visualisasi data dengan cepat dan akurat: Big Box. Big Box merupakan solusi implementasi analisis big data untuk menghasilkan insight yang sesuai dengan kebutuhan operasional dan bisnis perusahaan, sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan, gover0ce, strategi dan kemajuan perusahaan Anda.

Big Box hadir dengan antarmuka yang ramah pengguna dan dasbor drag-and-drop yang mudah dioperasikan. Platform ini berbasis cloud, sehingga tidak memerlukan komputer spesifikasi tinggi untuk menjalankan perangkat lunak, dan juga efisien tanpa biaya tambahan dan persyaratan rumit untuk berlangganan.

Pada pandangan pertama, hal-hal yang berkaitan dengan big data analytics memang terdengar sangat teknis dan sulit. Namun, Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan menghubungi perwakilan kami dengan mengisi formulir di situs web kami di mycarrier.telkom.co.id/big-data.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

07 December 2020
Hubungan antara Big Data dan Machine Learning

Semakin banyak orang saat ini menggunakan smartphone dan komputer dalam kehidupan sehari-hari mereka, menghasilkan ekspansi volume data yang cepat.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top