Syarat dan Ketentuan MyCarrier

MyCarrier (selanjutnya disebut “MyCarrier” atau “Kami”) merupakan layanan terintegrasi untuk pelanggan dan calon pelanggan di segmen wholesale agar dapat melakukan monitoring terhadap product dan/atau layanan yang dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (selanjutnya disebut “TELKOM”) secara end to end, mulai dari proses eksplorasi kebutuhan, order, delivery process monitoring, traffic monitoring, kunjungan data center, billing and payment process, serta mengajukan pelaporan gangguan secara mandiri.

Saat menggunakan MyCarrier, Pengguna (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna”) tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku, yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi MyCarrier).

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Situs dan/atau Layanan maka Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda tidak dapat menggunakan MyCarrier.

1. Definisi

Istilah yang dimuat dalam Syarat dan Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:

  1. Akun adalah akun yang telah didaftarkan oleh Pengguna pada MyCarrier.
  2. Data Pengguna adalah informasi yang dimiliki oleh Pengguna khususnya yang berbadan usaha yang digunakan untuk kepentingan verifikasi data identitas Pengguna.
  3. Data Pribadi adalah setiap informasi yang benar dan nyata yang melekat dan dapat diidentifikasi pada masing-masing individu, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun non elektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomor handphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan individu tersebut, dalam hal ini adalah data yang dimiliki oleh PIC.
  4. Data Profil adalah data yang terdapat pada halaman profil bagi Pengguna.
  5. Perjanjian Kerja Sama adalah perjanjian antara TELKOM dan Pelanggan atas penggunaan produk atau layanan TELKOM.
  6. Layanan adalah digital touch point bagi pelanggan segmen wholesale untuk melakukan explorasi kebutuhan, order, monitoring proses delivery, traffic monitoring, kunjungan data center, proses billing and payment, serta mengajukan pelaporan gangguan produk atau layanan TELKOM.
  7. Pengguna adalah pihak pelanggan atau corporate customer yang sudah mendaftarkan Akun dan/atau menggunakan Layanan MyCarrier.
  8. Person in Charge (PIC) adalah pihak yang ditunjuk dan setuju untuk menjadi representatif Pengguna dalam proses integrasi dan/atau penggunaan Layanan.
  9. Situs adalah website Layanan yang dapat diakses melalui tautanhttps://mycarrier.telkom.co.id/.

2. Penggunaan Akun dan Perilaku

  1. Layanan dapat digunakan oleh Pengguna dengan terlebih dahulu melakukan pengisian formulir ”Saya Tertarik” yang terdapat di dalam Situs dan/atau melakukan Perjanjian Kerja Sama dengan TELKOM.
  2. Persyaratan pendaftaran bagi Merchant berbadan usaha dan aturan lebih lanjut secara detail atas penggunaan produk atau layanan TELKOM disampaikan melalui Perjanjian Kerja Sama.
  3. Hanya Pengguna yang memiliki Akun yang dapat menggunakan layanan MyCarrier.
  4. Untuk membuat atau mendapatkan Akun MyCarrier, Anda diminta untuk memberikan beberapa informasi, baik Data Pengguna dan/atau Data Pribadi PIC. Sehubungan dengan kebutuhan tersebut, Pengguna setuju untuk memberikan beberapa informasi, baik Data Pengguna dan/atau Data Pribadi PIC secara benar, jelas, akurat, dan lengkap, sekurang-kurangnya berupa:

    1. Nama Lengkap;
    2. Email;
    3. No. Handphone; dan
    4. Nama Bisnis/Institusi.
  5. Pengguna dan/atau PIC bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan Akun dan password Pengguna.
  6. Layanan MyCarrier pada dasarnya tidak ditujukan untuk digunakan oleh pihak di bawah umur, yaitu setiap orang yang belum mencapai batas usia dewasa atau usia cakap menurut yurisdiksi. Pihak yang masih berusia di bawah umur yang menggunakan MyCarrier menjadi tanggung jawab pribadi orangtua/wali dari yang bersangkutan.
  7. Apabila Pengguna memberikan pernyataan dan jaminan, informasi, Data Pengguna atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka MyCarrier berhak menolak permohonan pembuatan atau pendaftaran Akun dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh akses dan Layanan MyCarrier yang diberikan kepada Pengguna.
  8. MyCarrier berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun MyCarrier sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh Pengguna.
  9. Pengguna bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan password dan Akun Pengguna.
  10. Pengguna menyetujui untuk segera memberitahukan MyCarrier melalui channel pengaduan yang disediakan mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan Akun MyCarrier atau password secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan Akun Pengguna secepat mungkin.

3. Hak Kekayaan Intelektual

Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan MyCarrier dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang terdaftar atas nama TELKOM. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Pengguna atau pihak mana pun yang mengakses Situs untuk menggunakan dan/atau memperbanyak Kekayaan Intelektual, dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Anda menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke MyCarrier dengan menghubungi kontak yang tersedia.

4. Larangan dan Batasan Tanggung jawab

Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan data yang terkandung dalam sistem elektronik MyCarrier untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan menggunakan situs MyCarrier untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apa pun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, "Sistem").

Kegiatan yang dilarang termasuk akan tetapi tidak terbatas pada mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.

MyCarrier dan TELKOM tidak bertanggung jawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik MyCarrier.

5. Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum

  1. Pengguna setuju bahwa Pengguna memanfaatkan MyCarrier atas keinginan sendiri dan Layanan MyCarrier diberikan kepada Pengguna pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
  2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

    1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan MyCarrier;
    2. Harga Layanan MyCarrier yang telah disediakan oleh Mitra;
    3. Keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi;
    4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
    5. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
    6. Perselisihan antar Pengguna;
    7. Pencemaran nama baik pihak lain;
    8. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apapun mengatasnamakan TELKOM ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
    9. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan MyCarrier;
    10. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan MyCarrier;
    11. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan MyCarrier;
    12. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna dan/ Pelanggan;
    13. Force Majeure.

6. Kritik dan/ atau Saran

  1. Dalam hal terdapat pertanyaan, keluhan dan/ atau pengaduan sehubungan dengan penggunaan layanan MyCarrier, maka Pengguna dapat mengajukan pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan dengan melampirkan identitas Pengguna secara tertulis melalui: email occ@telkom.co.id atau WhatsApp ke +62821-3800-1007
  2. Dalam hal adanya penambahan, pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan kemudian melalui Situs.
  3. MyCarrier akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data Pengguna yang tersimpan pada sistem MyCarrier. MyCarrier berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pengguna yang tersimpan pada sistem MyCarrier.
  4. MyCarrier akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Pengguna MyCarrier serta memberikan jawaban kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di MyCarrier setelah MyCarrier menerima keluhan/pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.

7. Force Majeure

  1. MyCarrier dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, MyCarrier dan TELKOM berkewajiban untuk memberitahukan secara tertulis melalui email, Situs, dan/ atau Aplikasi kepada Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.

8. Penyelesaian Perselisihan

  1. Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini secara musyawarah dan mufakat.
  2. Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.

9. Hukum yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

10. Perubahan dan/atau Pembaruan Syarat dan Ketentuan

MyCarrier dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan dan/atau pembaruan terhadap Syarat dan Ketentuan ini. Perubahan dan/atau pembaruan akan diberitahukan kepada Pengguna melalui email kepada masing-masing PIC atau dengan melakukan pemberitahuan secara massal melalui Situs dalam kurun waktu 1 (satu) hari sebelum perubahan berlaku. Kami menghimbau Anda untuk meninjau halaman ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru tentang bagaimana ketentuan Syarat dan Ketentuan ini Kami berlakukan. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan MyCarrier, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

11. Ketentuan Penutup

Syarat dan Ketentuan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak MyCarrier pada tanggal 21 Februari 2023.

icon-whatsapp

TALK TO US