BerandaArtikelMengenal Layanan IP Transit dan Keunggulannya
article-image

09 July 2024

Mengenal Layanan IP Transit dan Keunggulannya

Dalam era digital yang terus berkembang, Layanan IP Transit menjadi fondasi yang tak tergantikan bagi perusahaan yang ingin menjaga kelancaran operasi dan eksistensinya.

Nah, saat ini IP Transit menjadi layanan interkoneksi global ke Internet dengan rute BGP Internet berfitur lengkap dan menggunakan blok IP dan AS (Autonomous System) milik customer. Layanan ini memberikan jaminan bandwidth dedicated dengan rasio 1:1 sampai ke upstream provider atau ISP.

Lalu, apa saja keunggulan dan keuntungan menggunakan layanan IP Transit?

1. Pertukaran informasi yang lebih cepat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, IP Transit berperan layaknya jembatan antara jaringan pengirim data dan jaringan tujuan data. Hal ini tentunya membuat jumlah langkah (hop) yang dibutuhkan jaringan pengirim menjadi lebih pendek lantaran tidak lagi perlu melewati IP Transit Tingkat 1 terlebih dahulu. Pada akhirnya, latensi meningkat dan pertukaran informasi menjadi lebih cepat.

2. Akses Langsung ke Internet Global

Melalui IP Transit, perusahaan dapat menghubungkan infrastrukturnya langsung ke internet global tanpa perlu melalui jaringan ISP lainnya. Hal ini memungkinkan akses yang lebih cepat dan efisien ke konten dan layanan online di seluruh dunia. 

3. Redundant Connectivity

IP transit menawarkan konektivitas yang redundan ke internet melalui berbagai jalur dan rute. Redundansi ini memastikan bahwa jika satu jalur mengalami gangguan, maka lalu lintas dapat beralih secara otomatis ke jalur alternatif.

Redundansi ini memberikan keamanan tambahan terhadap downtime dan memastikan bahwa layanan tetap tersedia bahkan dalam situasi darurat. Untuk kebutuhan bisnis, redundansi seperti ini menjadi kebutuhan wajib dari sisi jaringan.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article